-->

Hindari Kebiasaan Ini Setelah Minum Obat

April 18, 2017
(Pixabay/Kaboompics)
Hindari Kebiasaan Ini Setelah Minum Obat - Mengonsumsi obat sebaiknya mengikuti aturan atau petunjuk yang diberikan oleh dokter. Sebaik apapun obat yang diminum, tidak akan memberikan khasiat yang maksimal bila dikonsumsi secara sembarangan dan tidak mengikuti aturan yang semestinya.

Baca Juga: Beberapa Obat Yang Harus Dimiliki Di Rumah

Beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat atau setelah minum obat adalah:

1. Minum obat sebelum makan
Konsumsilah obat sesuai aturan. Jangan mengonsumsi obat sebelum makan, bila dalam aturan penggunaannya mengharuskan Anda untuk minum obat setelah makan. Aturan ini biasanya berkaitan dengan kesehatan lambung Anda. Selain itu, hal ini juga berkaitan dengan waktu terbaik untuk penyerapan obat tersebut.

2. Minum susu
Meski kebanyakan obat memiliki rasa yang pait, mengonsumsi susu setelahnya bukanlah pilihan yang tepat. Sebaiknya Anda tidak minum susu sebelum atau setelah mengonsumsi obat. Berikanlah jarak hingga dua jam dengan waktu konsumsi obat. Beberapa kandungan dalam susu, diketahui dapat memperlambat penyerapan obat yang Anda konsumsi. 

3. Menyetir
Beberapa obat dapat memberikan efek menenangkan atau mengantuk, sesaat setelah dikonsumsi. Perhatikanlah label yang terdapat pada obat. Bila obat tersebut dapat menyebabkan kantuk, sebaiknya Anda tidak menyetir karena dapat membahayakan keselamatan Anda dan keselamatan orang lain.

4. Mengonsumsi obat lain
Saat sedang dalam masa pengobatan untuk suatu penyakit, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi obat lain saat mengalami gejala penyakit yang berbeda. Konsultasikanlah dengan dokter dan dapatkan informasi mengenai aturan kombinasi obat yang ingin Anda konsumsi. Bisa saja gejala penyakit lain yang Anda rasakan, merupakan reaksi atau efek samping dari obat yang diberikan dokter. Hanya dengan pemeriksaan dokterlah, Anda dapat mengetahui hal tersebut.

Nah Itu Dia Sob Pembahasan Artikel Hindari Kebiasaan Ini Setelah Minum Obat Mudah-mudahan Bermanfaat , Silahkan Bagikan Lewat Akun SosMed Sobat Sapa Tahu Diluaran Sana Ada Yang Memerlukan Tentang Pembahasan Artikel ini, Terimakasih.