Tuesday, 1 December 2015

6 Alasan Sering Buang Air Kecil di Malam Hari

6 Alasan Sering Buang Air Kecil di Malam Hari - Buang air kecil memang menjadi rutinitas sehari-hari untuk membuang zat sisa. Namun, bila hal ini sering terjadi pada malam hari tentu akan sangat mengganggu kualitas tidur Anda. Normalnya manusia akan mengeluarkan urin sebanyak empat hingga enam kali sehari tergantung berapa banyak jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh. Namun saat frekuensi berkemih meningkat terutama pada malam hari padahal konsumsi cairan normal, maka hal ini bisa menunjukkan suatu masalah pada tubuh Anda.

Salah satu alasan yang paling umum mengapa sering buang air kecil saat malam hari adalah adanya penyakit diabetes melitus. Hal ini terjadi akibat tingginya kadar gula di dalam darah sehingga menyebabkan Anda mudah haus dan sering buang air kecil. Selain diabetes meslitus, ternyata terdapat beberapa alasan lain mengapa Anda sering buang air kecil di malam hari, yaitu:

Konsumsi air berlebihan
Minum air memang baik bagi metabolisme tubuh. Namun, saat Anda mengonsumsinya terlalu banyak jelang tidur, maka Anda bisa terus-terusan buang air kecil. Untuk itu, usahakan untuk minum terakhir satu jam sebelum tidur untuk mencukupi kebutuhan cairan Anda. Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol pada malam hari.

Infeksi saluran kemih
Infeksi pada saluran kemih akan membuat Anda sering buang air kecil pada malam hari. Anda akan merasakan kesakitan saat akan buang air kecil, perut juga akan terasa sakit, dan kemungkinan badan Anda akan terasa panas. Segeralah ke dokter bila hal ini terjadi.

Perubahan usia
Semakin tua usia Anda, maka potensi untuk sering buang air kecil di malam hari menjadi lebih besar. Sebab, tubuh Anda akan menghasilkan hormon yang berhubungan dengan kerja ginjal lebih sedikit. Selain itu, kandung kemih Anda juga tidak lagi meregang sehingga tidak bisa menahan air kemih lebih banyak dari biasanya. Ditambah lagi, saat usia bertambah, biasanya terdapat gangguan kesehatan lain yang memengaruhi buaang air besar lebih banyak.

Pengaruh obat-obatan
Beberapa obat-obatan memiliki pengaruh menarik cairan ke luar dari sistem buang air Anda sehingga membuat Anda lebih banyak buang air kecil. Tanyakan pada dokter apakah obat-obatan yang harus dikonsumsi bisa mengakibatkan buang air kecil lebih banyak, dan tanyakan pula alternatif solusinya agar kualitas tidur Anda tidak terganggu.

Udara dingin
Udara dingin juga bisa mengakibatkan buang air kecil berkali-kali. Sebab, saat udara dingin, sistem ekskresi atau pengeluaran tubuh melalui keringat tidak bekerja maksmal. Sebagai gantinya, tubuh akan mengeluarkan zat sisa melaluui buang air kecil lebih sering dari biasanya.

Kandung kemih yang hiperaktif
Penyebab dari penyakit kandung kemih yang hiperaktif adalah rasa cemas yang berlebihan, stres berlebihan, dan depresi. Akibatnya bisa membuat sistem pembuangan zat sisa Anda bekerja lebih keras untuk menyamankan tubuh.

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top