Friday, 27 November 2015

Kenali Keahlian Dokter Spesialis Melalui Gelar Di Belakangnya

Kenali Keahlian Dokter Spesialis Melalui Gelar Di Belakangnya - Anda mungkin pernah mengalami sakit yang tak kunjung membaik meski sudah beberapa kali memeriksakan diri ke dokter. Namun Anda merasa bingung, harus ke dokter spesialis apa untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih lengkap dan akurat. Di rumah sakit, khususnya rumah sakit besar, terdapat banyak dokter spesialis, dengan berbagai keahlian yang berbeda.

Agar tidak salah memilih dokter spesialis, berikut ini penjelasan yang dapat Anda jadikan panduan.

SpOG (Spesialis Kebidanan dan Kandungan)
Dokter dengan gelar belakang SpOG ini mungkin sudah akrab bagi Anda yang pernah menjalani kehamilan dan proses melahirkan. Dokter spesialis ini memang ahli dalam bidang kebidanan dan kandungan. Anda dapat berkonsultasi mengenai segala permasalahan yang Anda alami saat hamil maupun melahirkan. Namun bukan hanya itu saja, dokter dengan gelar SpOG juga dapat menangani berbagai masalah reproduksi lainnya. Di antaranya adalah masalah menstruasi tidak teratur, keputihan, kista, menopause, masalah kesuburan, hingga penggunaan alat kontrasepsi.

SpPD (Spesialis Penyakit Dalam)
Sesuai dengan gelarnya, dokter spesialis penyakit dalam, merupakan dokter yang ahli dalam menangani berbagai keluhan organ dalam tubuh manusia. Bila Anda mengalami keluhan pada ginjal, hati, jantung, hingga organ dalam saluran pencernaan lainnya, Anda dapat mengonsultasikannya pada dokter spesialis penyakit dalam. Selain itu, dokter SpPD biasanya juga memiliki sub spesialisasi lainnya yang lebih fokus. Misalnya SpPD -KGH, untuk ginjal dan hipertensi, SpPD-KGEH, untuk gastroenterologi hepatologi atau pencernaan, SpPD-KAI, untuk alergi dan imunologi. Dengan memeriksakan diri sesuai dengan fokus keahlian dokter, maka penyakit Anda dapat ditangani dengan lebih tepat dan akurat.

SpS (Spesialis Saraf)
Dokter spesialis saraf adalah dokter yang menangani kesehatan saraf dan otak. Beberapa penyakit yang biasanya ditangani oleh dokter spesialis saraf adalah stroke, tumor otak, meningitis, hingga saraf kejepit. Bila Anda merasakan keluhan seperti salah satu anggota tubuh yang terasa kaku atau tidak dapat digerakkan, Anda dapat memeriksakan diri Anda pada dokter spesialis saraf.

SpOT (Spesialis Orthopedi dan Traumatologi)
Dokter dengan gelar SpOT adalah dokter yang biasa menangani permasalah pada tulang. Bila Anda mengalami trauma atau patah tulang, akan lebih tepat bila ditangani oleh dokter SpOT. Ketika Anda mengalami nyeri tulang yang tidak kunjung sembuh sehingga menyulitkan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari, Anda bisa memeriksakan diri kepada dokter SpOT. Beberapa penyakit yang biasa ditangani oleh dokter SpOT adalah osteoporosis, osteoasthritis, osteomalasia, dan kelainan tulang lainnya.

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top