Sunday, 22 November 2015

Tips Sederhana Agar Kulit Tidak Iritasi Saat Bercukur

Tips Sederhana Agar Kulit Tidak Iritasi Saat Bercukur - Menjaga penampilan agar tetap menarik tak hanya dilakukan oleh kaum wanita saja. Saat ini kaum pria pun sudah mulai memerhatikan penampilan mereka. Salah satu upaya pria dalam menjaga penampilannya adalah dengan cara bercukur atau shaving.

Bercukur pada prinsipnya mudah saja. Banyak pria yang melakukannya. Namun tidak semua tahu cara benar bercukur agar kulit tidak iritasi. Simak cara benar bercukur di bawah ini.

Cuci muka 
Sebelum melakukan shaving atau bercukur, ada baiknya Anda membersihkan wajah. Gunakan sabun pembersih, dan bilas menggunakan air hangat. Hal ini sangat penting karena kotoran dan minyak bisa menyebabkan masalah jerawat bahkan iritasi yang mungkin terjadi setelah bercukur. Langkah ini juga berguna untuk melembutkan rambut di bagian muka seperti kumis, dan janggut, sehingga lebih mudah untuk dicukur. Waktu yang paling tepat untuk bercukur adalah sehabis mandi.

Oleskan minyak "Pre-Shave"
Sebenarnya penggunaan minyak pre-shave bukanlah suatu keharusan, tetapi ada beberapa manfaat yang akan Anda rasakan, jika mengaplikasikannya sebelum bercukur. Dengan mengoleskan pre-shave oil, kulit menjadi lembap dan lentur yang akan akan mengurangi masalah luka atau iritasi ketika bercukur.

Usap dengan handuk hangat
Rendamlah sebuah handuk kecil ke dalam air hangat lalu diperas. Kemudian tekan lembut kain tersebut ke kulit wajah Anda, selama satu menit. Uap panas yang dihasilkan oleh perasan handuk tersebut, akan menghangatkan minyak pre-shave yang sebelumnya Anda aplikasikan. Hal tersebut akan membantu melunakkan bulu-bulu di wajah Anda, sehingga memudahkan ketika mencukur.

Gunakan foam
Penggunaan foam akan menentukan keberhasilan mencukur Anda. Hati-hati dalam memilih produk foam. Foam berkualitas buruk, dapat merusak seluruh persiapan yang telah Anda lakukan sebelumnya. Pilihlah foam yang dapat terus memberikan kelembapan selama proses bercukur.

Mengganti pisau cukur
Ada baiknya selalu mengganti pisau cukur ketika Anda ingin bercukur. Pisau cukur yang bersih akan memberikan kenyamanan dan mencegah kulit iritasi. Perlu diperhatikan juga, jangan terlalu menekan kuat pisau ketika bercukur. Cukup dengan sebuah tekanan ringan, dan biarkan pisau cukur Anda bekerja.

Tutup pori-pori 
Setelah bercukur, pori-pori kulit akan terbuka lebar, dan rentan terhadap penyumbatan. Untuk menutup pori-pori kulit Anda kembali, bilaslah wajah Anda dengan air dingin. Untuk hasil yang maksimal, Anda juga bisa merendam sebuah handuk kecil ke dalam air dingin, lalu tempelkan pada permukaan wajah selama beberapa menit sambil ditekan secara perlahan.

Gunakan "Aftershave"
Sebuah percikan "Aftershave" favorit Anda akan membantu umenutup bagian pori-pori kulit dan memberikan wangi yang segar. Jika Anda memiliki kulit wajah yang kering, Anda bisa mengganti aftershave semprot Anda dengan aftershave dalam bentuk krim pelembab.

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top