Wednesday, 31 January 2018

Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak Secara Cepat dari Bahan Alami

Cara mudah mengobati gusi bengkak yang baik dan murah cepat dan alami yang dapat Anda dapatkan sendiri di dapur rumah Anda, tidak perlu berobat ke dokter bila Anda masih bisa mengatasinya sendiri dengan bantuan bahan alami dibawah ini.

Berkumur Air Garam. 
Cara mengatasi gusi bengkak yang pertama adalah dengan air garam, dimana sangat bagus untuk meredakan pembengkakan gusi karena didalamnya terdapat zat antiseptik dalam melawan kuman penyebabnya. Anda bisa berkumur dengan air garam 2-3 kali dalam sehari yang dilanjutkan berkumur memakai air bersih. Lakukan secara teratur.

Bayam Duri
Tanaman bayam duri dengan jumlah secukupnya. Cara pemakaian: Bakar tanaman bayam duri menggunakan alas dari genteng dan setelahnya ditumbuk hingga halus. Gunakan ramuan herbal ini seperti salep, yaitu dioleskan pada bagian gusi yang sakit.

Asam Jawa (Untuk Menghilangkan Karang Gigi Penyebab Gusi Bengkak)
Biji asamjawa (secukupnya). Cara pengobatan: Sangrai bahan selama beberapa menit, kemudian tumbuk hingga hancur dan halus. Gosok pada gigi yang dilapisi karang dengan kain atau sikat gigi.

Kulit Andong
Kulit andong dan garam (secukupnya). Cara pembuatan: Bersihkan kulit andong dengan air, kemudian kupas dan tambahkan sedikit garam. Ramuan diaduk, kemudian oles pada tempat yang sakit.

Dengan Daun Sirih. 
Caranya yaitu ambil 10 helai daun sirih dan campurkan kunyit dan garam secukupnya. Masukkan ketiga bahan tersebut dalam 500cc air dan biarkan hingga mendidih. Setelah itu, saring airnya dan gunakan sari tersebut untuk berkumur atau juga bisa diminum.

Lada Hitam Dan Minyak Cengkih. 
Kedua bahan ini merupakan bahan tradisonal yang dipercaya untuk mengatasi pembengkakan gusi. Caranya yaitu cukup mengoleskan minyak cengkih dengan sedikit lada hitam pada area gusi yang bengkak. Ini ampuh untuk meredakan rasa nyeri yang ditimbulkanya.

Pijatan Gusi. 
Cara mengobati gusi bengkak secara alami selanjutnya adalah Pijatan Gusi. Memang hal ini jarang dilakukan oleh kebanyakan orang, namun ini merupakan tips yang bagus untuk mengurangi rasa sakit. Caranya yaitu gunakan jari telunjuk untuk memijat gusi yang bengkak dengan gerakan melingkat. Pastikan terlebih dahulu bahwa tangan anda sudah bersih agar tidak memicu adanya bakteri lain pada mulut anda.

Hidrogen Peroksida/Baking Soda. 
Anda juga bisa untuk berkumur menggunakan Baking Soda. Obat kumur ini mamapu untuk mengurangi rasa sakit gusi dan mencegah tersebarnya bakteri penyebab pembengkakan gusi tersebut.

Sikat Gigi Secara Rutin. 
Yang keenam yaitu dengan sikat gigi secara teratur. Hal ini sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi anda. Jangan serta merta bila anda sudah sembuh dari pembengkakan gusi, kemudian anda semakin jarang untuk menyikat gigi anda. Baiknya 2-3 kali anda melakukan gosok gigi setiap harinya atau sesudah mengkonsumsi makanan.

Dalam mempercepat proses pemulihan Anda dapat minum obat gusi bengkak yang biasa dipilih dokter seperti berikut.

Obat peredah rasa sakit
Pertama Anda bisa minum obat untuk mengurangi dan menghilangkan rasa sakit yang terjadi akibat gusi bengkak, yaitu analgesik yang dapat dengan mudah Anda temukan, contohnyaL ibuprofen, metampiron (antalgin), dan asam mefenamat.

Antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi gusi dapat Anda minum sesuai anjuran dokter.
Obat anti radang untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada gusi bengkak dan area lain dalam mulut. Sebelum mengonsumsi obat ini sebelumnya Anda sudah menyesuaikan dengan petunjuk dokter.

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top