Wednesday, 2 December 2015

Cara Menambah Massa Otot Bagi Si Kurus

Cara Menambah Massa Otot Bagi Si Kurus - Banyak orang yang ingin sekali merampingkan atau menurunkan berat badan. Caranya bisa beragam, dan mereka pun berjuang sedemikian rupa agar tujuannya tercapai. Begitu juga pada orang yang masuk ke dalam kategori kurus. Sebaliknya, mereka justru ingin menambah berat badan mereka. Tak hanya menambah berat badan, beberapa di antara mereka juga ingin membentuk otot agar terlihat lebih berisi.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mencapai tujuan ini, misalnya dengan rajin berlatih. Orang yang berbadan kurus ini (terutama laki-laki) biasanya punya ciri-ciri tubuh yang berdada datar, bahu kecil dan tentu saja tubuh kurus. Bila usaha menambah massa otot pada mereka hanya dilakukan melalui latihan saja, maka akan sangat sulit terwujud. Perlu beberapa hal lain yang harus diperhatikan, yaitu:

Memahami Indek Massa Tubuh/ Body Mass Index (BMI)
Apabila BMI seseorang kurang dari 18,5 kg/m2, maka orang tersebut bisa dikatakan kurus dan perlu untuk menambah berat badan. Anda perlu menjadikan tubuh Anda berberat badan normal dengan BMI berkisar antara 18,5 kg/m2 sampai dengan 24,9 kg/m2.

Latihan dan latihan
Latihan rutin akan membantu Anda menambah berat badan dengan lebih efektif. Latihan ini pun bisa sekaligus untuk meningkatkan massa otot. Beberapa latihan yang disarankan antara lain latihan beban. Latihan beban dapat menekan dan merangsang serat otot. Hal ini dapat menambah massa otot Anda. Pilihan latihan beban untuk membangun massa otot adalah deadlift, squats, barbell rows, bench press, bar dips, dan pull-ups.

Asupan nutrisi
Jenis nutrisi yang diutamakan adalah karbohidrat untuk menjadi sumber energi otot selama masa latihan. Sumber karbohidrat yang dapat dipilih antara lain nasi, pasta, sereal, kentang, atau roti. Selain itu, Anda juga butuh protein yang berasal dari susu, telur, ayam, daging, ikan, atau kacang-kacangan. Yang perlu diingat, hindari konsumsi protein terlalu banyak. Dalam sehari Anda hanya membutuhkan sekitar 62-65 gram protein.

Makan secara teratur
Makan secara teratur yaitu lima hingga enam kali sehari dengan pembagian tiga kali makan besar dan dua sampai tiga kali snack akan membantu Anda memenuhi kebutuhan energi. Pastikan pemilihan jenisnya, agar tidak merugikan kesehatan. Asupan cairan juga harus dipenuhi agar terhindar dehidrasi selama latihan. Bentuk cairan yang bisa dikonsumsi bisa berupa air mineral atau sari buah.

Latihan memang penting bagi Anda yang ingin menambah berat badan dengan cara cepat sekaligus meningkatkan massa otot. Namun, penting juga untuk meminimalisirkan risiko dalam latihan. Jika latihan terlalu berlebihan (overtraining) justru dapat menimbulkan beberapa masalah antara lain insomnia, kelelahan, bahkan depresi. Untuk memaksimalkan latihan Anda, sebaiknya berlatih selama 45 menit dengan intensitas tiga kali seminggu. Juga, pastikan untuk melakukan sebanyak 6-8 repetisi dari 3-4 set untuk memaksimalkan penambahan berat badan dan massa otot.

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top