-->

5 Manfaat Garam Laut Bagi Kesehatan

April 07, 2016
5 Manfaat Garam Laut Bagi Kesehatan - Kandungan garam laut berbeda dengan garam hasil tambang, atau yang selama ini kita kenal dengan garam meja. Garam laut diproduksi dengan cara penguapan air laut, dengan proses alami. Sehingga kandungan mineral garam laut lebih banyak daripada garam meja. Selama ini kebanyakan orang hanya mengenal garam laut sebagai bahan untuk perawatan kulit dari luar saja. Padahal garam laut akan memberikan banyak manfaat bila dikonsumsi.

Beberapa manfaat garam laut bagi kesehatan, di antaranya adalah:

1. Mencegah osteoporosis
Kandungan mineral yang sangat lengkap dalam garam laut, dapat menjaga kesehatan tulang Anda. Selain itu, dengan asupan mineral yang cukup, maka tubuh tidak perlu mengambil mineral yang ada di dalam tulang. Hal ini dapat mencegah Anda dari berbagai penyakit tulang, seperti osteoporosis.

2. Menjaga kesehatan jantung
Garam laut terbukti dapat mengontrol tekanan darah dan menormalkan detak jantung. Manfaat tersebut tentu saja baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

3. Mencegah kram
Garam laut terbukti dapat mencegah terjadinya kram otot dan membantu meningkatkan kekuatan otot. Kandungan magnesium dan kalium di dalam garam laut, secara alami berfungsi untuk menyembuhkan rasa nyeri. Selain itu, garam laut juga mencegah penumpukan racun di dalam tubuh. Hal tersebutlah yang dapat mencegah terjadinya kelelahan dan ketegangan otot, yang menyebabkan kram.

4. Menyeimbangkan pH tubuh
Garam laut dapat membantu tubuh dalam membuang kelebihan asam di dalam tubuh melalui urin. Sehingga kadar pH di dalam tubuh menjadi seimbang. Keseimbangan kadar pH dapat menjaga kesehatan sel dan jaringan tubuh.

5. Mencegah diabetes
Garam laut juga dapat membantu menjaga kadar gula darah. Dengan kadar gula darah yang tetap terkontrol, maka Anda dapat terhindar dari penyakit diabetes.

Meski memiliki banyak manfaat untuk tubuh, konsumsi garam tetap harus dibatasi. Jumlah konsumsi garam yang disarankan adalah tidak lebih dari satu sendok teh per hari. Dengan pola makan yang seimbang dan memenuhi kebutuhan gizi, maka tubuh Anda akan selalu terjaga kesehatannya.