-->

Beberapa Kebiasaan Ini Ternyata Dapat Merusak Gigi

April 03, 2017
Beberapa Kebiasaan Ini Ternyata Dapat Merusak Gigi - Kesehatan gigi tentu saja harus dirawat. Gigi merupakan 'senjata' pertama dalam pencernaan Anda. Meski perannya sangat penting, banyak orang yang seringkali lalai dan tanpa sadar melakukan beberapa kegiatan atau kebiasaan yang dapat merusak gigi.

Makan es batu
Mengunyah es batu nampaknya memang tidak berbahaya. Namun bila kebiasaan ini dilakukan terus-menerus, maka dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gigi Anda. Gigi bisa menjadi retak dan lama-kelamaan dapat membuat gigi patah. Jadi sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga.

Tindik lidah
Membuat tindikan di lidah memang menjadi tren. Namun hal ini sangat tidak disarankan. Tindikan lidah dapat menimbulkan gesekan antara anting dengan gusi atau gigi yang dapat  meningkatkan sensitifitas. Anting tindikan juga dapat menyebabkan penumpukan bakteri di dalam mulut. Hal tersebut tentu saja dapat mengganggu kesehatan mulut secara keseluruhan.

Mengonsumsi permen jeli
Permen jeli merupakan satu jenis permen yang paling berbahaya. Selain kandungan gulanya yang tinggi, sifat kenyal dan lengketnya sangat memungkinkan untuk membuatnya terjebak di antara sela-sela gigi Anda. Keadaan tersebut dapat mengendapkan bakteri di dalam gigi Anda.

Mengonsumsi minuman bersoda
Minuman bersoda mengandung gula dan asam yang sangat tinggi. Kandungan gulanya dapat menimbulkan plak pada gigi Anda. Sementara asamnya dapat mengikis enamel gigi dan meningkatkan sensitifitas gigi. Bila Anda harus minum soda, jangan lupa untuk segera menggosok gigi Anda maksimal 30 menit setelahnya.

Baca Juga: Bahayanya Konsumsi Obat Warung Berkepanjangan 

Membuka sesuatu
Demi alasan kepraktisan, banyak orang yang menggunakan gigi untuk membuka sesuatu. Kebiasaan Anda untuk membuka beberapa barang seperti bungkus keripik kentang, tutup botol, atau label pakaian, sebaiknya segera Anda hentikan. Kebiasaan tersebut dapat membuat gigi retak hingga patah.

Mengonsumsi keripik kentang
Keripik kentang dapat dengan sangat mudah menempel pada gigi dan menciptakan tumpukan plak. Bakteri plak tentu dapat mengikis gigi Anda secara perlahan. Setelah mengonsumsi keripik kentang, sebaiknya segera bersihkan gigi Anda.

Minum kopi
Kopi memang dapat membuat Anda lebih segar di pagi hari. Namun, kafein di dalam kopi dapat mengganggu aliran air liur, menyebabkan mulut kering, dan menyebabkan kerusakan gigi. Apalagi bila Anda menambahkan gula ke dalam kopi Anda. Sebaiknya segera minum air putih, sesaat setelah minum kopi.

Merokok
Tembakau dapat membuat mulut kering dan meningkatkan penumpukan plak pada gigi. Rokok dapat membuat gigi Anda menghitam, keropos, hingga karies. Jadi jangan tunda lagi untuk menghentikan kebiasaan Anda merokok.

Nah Itu Dia Sob Pembahasan Artikel Beberapa Kebiasaan Ini Ternyata Dapat Merusak Gigi Mudah-mudahan Bermanfaat , Silahkan Bagikan Lewat Akun SosMed Sobat Sapa Tahu Diluaran Sana Ada Yang Memerlukan Tentang Pembahasan Artikel ini, Terimakasih.