Wednesday, 13 May 2015

Beberapa Manfaat Pisang Yang Perlu Kita Tahu

Beberapa Manfaat Pisang Yang Perlu Kita Tahu - Buah pisang termasuk salah satu buah dari daerah tropis yang paling banyak diminati. Disamping memiliki rasa yang manis, buah pisang juga memiliki kandungan mineral dan vitamin, serta dapat langsung dimakan maupun diolah terlebih dahulu menjadi beragam hidangan yang istimewa.

Menimbang kadar nutrisi yang dikandungnya, sebaiknya Anda menjadikan buah pisang sebagai jenis buah-buahan yang harus dikonsumsi setiap hari, supaya Anda selalu sehat dan bugar. Buah yang memiliki nama latin musa paradisiaca ini memiliki berbagai macam kandungan, diantaranya adalah :

Karbohidrat
Tubuh manusia, memanfaatkan karbohidrat sebagai sumber energi yang utama. Untuk itu, bagi Anda yang gemar berolahraga, sebaiknya mengkonsumsi buah pisang sehabis berolahraga supaya cepat kembali. Para ahli juga menyarankan untuk memakan buah pisang sehabis sarapan guna menjaga persediaan energi bisa bertahan hingga jam makan siang tanpa perlu memakan camilan.

Serat
Buah pisang memiliki kandungan serat sebanyak 3 gram. Disamping bermanfaat untuk menyehatkan saluran pencernaan, serat juga diperlukan untuk membuat perut lebih lama merasa kenyang.

Vitamin C
Sama halnya dengan buah yang lain, buah pisang juga mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan. Setidaknya terdapat 10mg vitamin C dalam satu buah pisang (mencapai 15 % dari kebutuhan vitamin C harian manusia).

Mangan
Zat mangan termasuk jenis mineral yang diperlukan untuk menyehatkan tulang serta metabolisme. Dengan mengkonsumsi satu buah pisang saja, berarti kita telah mengasup 3 mg mangan.

Potasium
Disamping beberapa kandungan yang telah disebutkan tadi, buah pisang masih memiliki kandungan yang lain, diantaranya adalah potasium. Untuk pisang berukuran sedang saja, ternyata kandungan potasiumnya sampai 400 mg, maka dari itu buah pisang termasuk menu wajib bagi orang yang menginginkan jantungnya agar tetap sehat.

Selain itu, potasium juga dikenal memiliki manfaat yang sangat baik bagi fungsi saraf dan otot, serta dapat menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Kandungan potasium dalam pisang juga sangat tepat untuk mengatasi ataupun mencegah kram otot sehabis berolahraga.

Vitamin B6
Umumnya Vitamin B dijumpai pada produk yang berasal dari hewan (hewani), namun buah pisang ternyata juga memiliki pyridoxine atau sumber vitamin B6 yang digunakan tubuh untuk menumbuhkan sel-sel yang baru. Dengan mengkonsumsi satu buah pisang saja, maka itu berarti Anda telah memenuhi 35 persen kebutuhan vitamin B6 harian.

Kalori
Dalam satu buah pisang, rata-rata memiliki kandungan sekitar 110 kalori. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi buah ini, Anda dapat memenuhi keinginan untuk memakan sesuatu yang manis tanpa perlu merusak program diet yang dijalankan.

Beberapa nutrisi lain
Buah pisang memiliki berbagai macam kandungan vitamin dan mineral, walaupun jumlahnya tidak seberapa, diantaranya adalah fosfor, folat, kalsium, karoten, magnesium, asam amino, vitamin A dan vitamin E.

Gampang dicerna
Buah pisang sangat gampang dicerna, jadi ketika Anda sedang terkena gangguan pencernaan ataupun penyakit virus, buah pisang sangat tepat untuk dijadikan sumber nutrisi tanpa menjadikan sistem pencernaan bekerja terlalu berat. Maka dari itu, banyak orang yang juga melumatkan buah pisang dan memakainya sebagai makanan padat yang diperuntukkan bayi. Manfaat yang terakhir adalah buah yang satu ini juga bebas lemak dan kolesterol.
via:http://obrolankesehatan.com/manfaat-buah-pisang/

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top