Saturday, 25 July 2015

Beberapa Penyebab Jantung kita Berdebar dan Berdetak Cepat

Beberapa Penyebab Jantung kita Berdebar dan Berdetak Cepat -  Pernah merasa jantung anda tiba-tiba berdetak kencang? Detak jantung yang normal pada orang dewasa adalah sekitar 60 hingga 100 degupan per menit. Jantung yang sering berdegup lebih dari 100 detak per menit disebut dengan tachycardia.hal ini disebabkan oleh gangguan pada dorongan elektrik dari tubuh yang biasa memberi sinyal pada jantung untuk memompa.

Tentunya masalah kesehatan ini bisa mengganggu aktivitas yang dijalani karena Anda bisa  merasa tidak tenang atau cemas. Jantung berdebar juga merupakan tanda cepatnya metabolisme dalam tubuh. Salah satu pemicu percepatan detak jantung adalah karena adanya gangguan pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang dapat menstimulasi metabolisme setiap sel di dalam tubuh.

Penyebab Jantung Berdebar

Tubuh Kehilangan Cairan atau Dehidrasi
Dehidrasi tak hanya membuat tubuh terasa sangat lemas, tapi juga sering memicu jantung untuk berdegup sangat cepat. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka cairan dalam tubuh akan semakin berkurang. Hal ini dapat merusak keseimbangan elektrolit dalam tubuh Anda. Maka tak heran bila jantung berdetak sangat cepat dan menganggu.

Tekanan Darah Tinggi
Masalah kesehatan yang juga dikenal dengan hipertensi ini juga menjadi salah satu penyebab jantung berdegup terlalu kencang. Hal ini dikarenakan semakin sempit dan tebalnya dinding arteri. Oleh sebab itu, aliran darah akan sulit sekali melewatinya sehingga memerlukan banyak upaya. Semakin keras upaya darah melewati arteri yang terganggu tersebut maka detak jantung pun semakin cepat

Anemia 
Merupakan salah satu penyebab palpitasi jantung atau jantung berdebar. Hal ini merupakan kondisi dimana hemoglobin dalam darah tidak benar membawa oksigen ke seluruh sistem syaraf. Ini terjadi ketika tubuh kekurangan zat besi. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan mengambil suplemen zat besi secara teratur, dan perlu makan makanan yang sehat

Konsumsi Alkohol
Menurut National Heart, Lung and Blood Institute pengkonsumsian nikotan, alkohol dan juga kafein sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Sehingga membuat sinyal elektrik yang memerintahkan jantung untuk berdetak tidak bekerja dengan baik. Ada banyak cara untuk mengatasi masalah kesehatan ini misalnya dengan mengonsumsi makanan atau minuman bernutrisi.

Anda dapat mencoba membiasakan diri mengonsumsi olahan kedelai seperti susu, tempe, dan fruit soy bar serta meninggalkan kebiasaan meminum kopi. Serat adalah salah satu kandungan kacang kedelai yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh termasuk organ jantung. Di samping itu, serat pada kedelai juga membantu menyeimbangkan tekanan darah Anda.

Penyebab lain palpitasi atau jantung berdebar adalah karena masalah jantung yang berhubungan. Salah satu contoh dari hal ini adalah Aritmia yang merupakan kondisi di mana di jantung pasien berdetak sering dan berbeda dari yang seharusnya. Jenis penyakit ini perlu berkonsultasi dengan dokter tergantung pada beratnya.

Nah bagi teman-teman yang sering merasa jantungnya tiba-tiba berdegub kencang, maka jangan menganggap hal ini sepele, karena ini merupakan pertanda dan indikasi awal adanya masalah pada jantung anda. Lakukan pemeriksaan rutin agar anda dapat mengetahui kesehatan jantung anda.

Anda juga perlu melakukan olahraga teratur untuk menghindari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan. Serta istirahat cukup plus konsumsi air putih. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda sehingga anda dapat lebih berhati-hati terhadap penyakit jantung yang kadang disepelekan karena gejala awalnya yang terlihat biasa saja.

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top