-->

5 Tips Dapatkan Kulit Wajah Bersih Bebas Jerawat

October 04, 2015
5 Tips Dapatkan Kulit Wajah Bersih Bebas Jerawat - Memiliki kulit bersih dan sehat terawat menjadi dambaan setiap wanita. Dengan demikian, mereka tidak harus menggunakan makeup terlalu tebal ketika ingin bepergian. Tetapi sayangnya, masih banyak wanita yang masih belum paham bagaimana caranya membersihkan wajah yang benar agar kulit bersih maksimal. Lantas, seperti apa caranya?

1. Membersihkan Wajah
Profesor Zoe Draelos dari Duke University, Amerika memaparkan, tidak hanya berpotensi menimbulkan jerawat, makeup yang digunakan juga bisa 'menjebak' radikal bebas yang ada di dalam lapisan kulit. "Basuhlah wajah setiap pagi, malam, dan setelah berolahraga dengan sabun pembersih yang mengandung dua persen asam salisilat," tuturnya seperti dikutip dari Allure.

Zoe menambahkan, tahanlah diri Anda untuk memencet jerawat karena justru akan membuat jerawat meradang, meninggalkan bekas pada wajah, dan timbul jerawat baru.

2. Pakai Produk yang Tepat
Jika Anda memiliki masalah jerawat, ada beberapa kandungan yang telah diuji coba mampu menghilangkan jerawat, misalnya saja asam salisilat, benzoil peroksida, atau asam glikolat. Tidak ada salahnya untuk mencobanya selama enam minggu untuk mengetahui apakah produk tersebut bekerja atau tidak.

"Jika tidak ada perubahan pada wajah Anda selama enam minggu, produk yang Anda gunakan tidak bekerja pada kulit," jelas David Bank, profesor dermatologis dari Columbia University Amerika. Ia melanjutkan, apabila hal itu terjadi, jangan tunda untuk pergi ke dermatologis guna mendapatkan perawatan lebih lanjut.

3. Retinol
Dikemukakan oleh Heidi Waldorf, direktur kecantikan dan dermatologis di Mount Sinai Medical Center Amerika, retinol tidak hanya berguna untuk kerutan wajah, namun juga untuk menyamarkan noda hitam, membentuk kolagen, dan mencegah timbul jerawat asal digunakan dengan tepat.

"Pada malam hari, tuangkan sedikit retinol dan oleskan pada seluruh wajah. Menggunakan retional dapat membantu regenerasi kulit," kata Heidi.

4. Lakukan Tindakan Preventif
Merawat wajah pada area yang berjerawat dapat menghilangkannya dalam waktu dua hari. Tetapi sebelum jerawat muncul, ada baiknya Anda melakukan tindakan preventif. Seperti yang dipaparkan oleh dermatologis Karyn Grossman, gunakan produk perawatan jerawat pada seluruh wajah, namun jangan terlalu berlebihan.

Menggunakannya secara berlebihan dapat membuat wajah terasa kering dan perih. Pulaskan krim perawatan wajah tipis-tipis dan lengkapi dengan pelembab yang tidak membuat wajah berminyak.

5. Relaksasi
Hormon stres dapat meningkatkan produksi minyak pada wajah yang mengakibatkan pori-pori tersumbat serta timbulnya komedo. Richard Fried, seorang dermatologis yang berbasis di Pennsylvania, Amerika mengatakan jangan terlalu memaksa tubuh Anda untuk bekerja karena tubuh juga perlu istirahat.

"Lakukan kegiatan apapun yang mengurangi stres pada tubuh, tai chi, berlari, mandi air panas dapat mengurangi timbulnya jerawat," tutup Richard.
via http://wolipop.detik.com/