Tuesday, 1 December 2015

Kalau Mau Langsing, Latihan Treadmill-nya Harus Seperti Ini

Kalau Mau Langsing, Latihan Treadmill-nya Harus Seperti Ini - Datanglah ke pusat kebugaran mana saja, dan Anda akan menemukan deretan treadmill yang diletakkan dekat jendela besar. Alat ini menjadi solusi bagi mereka yang ingin tetap lari meskipun cuaca di luar tidak mendukung. Bisa juga sebagai alternatif olahraga kardio.

Walau sebenarnya penggunaan treadmill tidaklah rumit, namun tak jarang penggunanya masih terlalu awam dalam memaksimalkan berbagai fitur yang ditawarkan alat tersebut. Sebagian besar pengunjung pusat kebugaran lebih suka menekan tombol quick start, dan lari sampai tubuh tak mampu lagi berlari. Sebenarnya tidak ada salahnya melakukan latihan treadmill seperti itu, namun ada cara berlatih yang lebih efisien. Anda dapat membakar lebih banyak energi namun tidak perlu berlari dalam waktu yang terlalu lama. Anda cukup bermain dengan derajat lereng atau incline atau yang umum diketahui, seperti berlari di jalan yang menanjak.

Coba tanya ke pelari, mana yang lebih berat, lari marathon pada jalan yang rata atau lari sejauh dua kilometer, namun jalannya menanjak. Tentu mereka akan menjawab jalan yang menanjak, karena energi yang dibutuhkan lebih besar. Biasanya treadmill di fitness centre dapat diatur sampai derajat kemiringan 15 persen.

Tidak hanya lebih efektif dalam melangsingkan tubuh, lari dengan derajat kemiringan bantu mengencangkan otot betis dan paha maupun membantu menguatkan lutut yang pernah cedera. Walaupun meningkatkan level tanjakan lebih bermanfaat, tidak disarankan untuk menaikkan levelnya terlalu tinggi, terutama bagi pemula yang menggunakan treadmill untuk melangsingkan tubuh. Selain pemula lebih rentan cedera karena tidak biasa lari pada kemiringan, fungsi melangsingkan dari treadmill pun berubah. Sebenarnya level incline maksimum lebih ditargetkan untuk mengencangkan otot kaki, bukan membakar lemak.

Apabila Anda pemula, dan tujuan Anda menggunakan treadmill adalah untuk membakar lemak, disarankan untuk lari atau jalan cepat dengan derajat kemiringan tanjakan sekitar 1 sampai 3 persen. Anda tentu akan membakar lebih banyak kalori dengan setting treadmill pada tingkat kecepatan antara level 3,5 sampai 5, dan incline 3 persen.

Untuk mendapat efek melangsingkan yang baik, disarankan untuk sering mengganti tingkat kemiringan dan kecepatan selama menggunakan treadmill. Sebagai contoh, Anda mulai dengan jalan cepat dengan kemiringan 1 persen, lalu lari kencang dengan posisi datar, lanjut jogging dengan menaikkan kemiringan hingga 3,5 persen, ganti ke jalan cepat dengan menaikkan kemiringan hingga 4 persen, sebelum diakhiri dengan jalan dengan kemiringan datar. Lakukan satu sesi seperti ini selama setengah jam setiap hari, dan Anda akan segera melihat hasilnya setelah satu bulan. Mengubah-ubah pengaturan treadmill seperti ini memaksa tubuh kita untuk berusaha adapatasi, sehingga membakar kalori lebih baik daripada konstan dengan satu jenis latihan pada treadmill selama satu jam.

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top