Saturday, 26 December 2015

Ketahui Fakta Madu Sebelum Mengonsumsinya

Ketahui Fakta Madu Sebelum Mengonsumsinya - Rasanya yang manis membuat madu disukai oleh hampir semua orang. Memang sudah sejak lama madu dikonsumsi oleh manusia. Madu bisa dicampurkan ke dalam makanan atau minuman. Bukan hanya rasanya yang enak, madu juga dipercaya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

Anda mungkin salah satu orang yang percaya akan khasiat madu untuk kesehatan tubuh. Sebelum Anda memercayai informasi yang salah, ketahui dulu fakta tentang madu berikut ini.

Bukan untuk bayi
Madu memang sesuatu yang alami dan tidak berbahaya untuk dewasa. Tetapi Anda sebaiknya tidak memberikan madu pada bayi di bawah usia satu tahun. American Academy of Pediatrics mengatakan bahwa, madu bisa saja terpapar bakteri botulism yang berasal dari debu dan tanah. Bayi belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang dapat melawan bakteri tersebut.

Antibakteri
Berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa madu dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang sering dibawa oleh makanan, seperti bakteri e.coli dan salmonella. Semakin gelap warna madu, semakin besar kekuatannya untuk melawan bakteri.

Menyembuhkan luka
Dengan kandungan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, madu dapat bekerja untuk menyembuhkan luka. Selain itu, madu juga dapat menghilangkan rasa nyeri akibat luka.

Madu untuk penderita diabetes
Anda mungkin sering mendengar bahwa madu aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Madu memang mengandung gula fruktosa, yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Namun, tetap harus dipastikan bahwa madu yang dikonsumsi merupakan madu asli tanpa gula tambahan. Bila Anda meragukan keaslian madu, sebaiknya tetap dihindari.

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top