Thursday, 3 December 2015

Mengungkap Mitos Di Balik Diet Vegetarian

Mengungkap Mitos Di Balik Diet Vegetarian - Banyak orang mulai beralih ke diet vegetarian dengan alasan mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Apa Anda tergoda untuk mengikuti jejak mereka namun masih merasa enggan karena mendengar banyak mitos tentang sulitnya ikut diet vegetarian.

Tanaman tidak mengandung banyak protein
Daging bukan satu-satunya makanan yang mengandung protein. Kalau diteliti hampir semua makanan mengandung protein walau sedikit. Jumlah protein yang terdapat dalam 100 gram buncis sama dengan protein dalam steak dengan berat yang sama. Semua bentuk kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang sangat baik. Suka tempe? Makanan khas Indonesia ini kaya akan protein nabati.

Olahraga menjadi lebih berat
Takut bahwa hanya makan sayur akan membuat Anda lemah dan tidak sanggup beraktivitas fisik, termasuk olahraga adalah omong kosong. Banyak atlet profesional ternyata adalah vegetarian. Yang mengaku vegetarian namun selalu lemah disarankan untuk konsultasi ahli gizi. Ini biasanya menunjukkan Anda kekurangan kalori sehingga tubuh kurang energi dan lemah.

Vegetarian sudah jelas langsing
Tidak semua vegetarian pasti langsing atau sehat. Mereka yang menggantikan konsumsi daging mereka dengan makanan olahan tidak mendapatkan manfaat dari diet sayuran. Makanan olahan, walaupun dari sayur mengandung banyak gula garam yang merugikan kesehatan. Bagaimanapun tetap lebih baik tetap konsumsi sayur dan buah, bukan makanan olahan.

Vegetarian berarti tidak boleh makan daging sama sekali
Kalau Anda belum rela melepaskan kebiasaan makan daging Anda, tidak ada salahnya untuk mulai pelan-pelan. Kalau Anda terbiasa konsumsi daging setiap hari, coba pilih 3 hari dalam seminggu dimana Anda hanya boleh mengonsumsi sayur dan buah. Cara ini terbukti mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Jadi Anda tetap dapat makan daging tapi perlahan belajar jadi vegetarian.

Sulit kenyang dengan diet vegetarian
Kalau Anda masih lapar saat mengikuti diet vegetarian, berarti ada kesalahan dalam pilihan makanan Anda. Pilih makanan yang kaya akan serat sehingga perut pasti selalu merasa kenyang. Manfaat lain dari mengonsumsi banyak serat adalah menstabilkan gula darah, sehingga Anda tidak cepat lapar. Hampir semua sayur dan buah kaya akan serat, namun daun salada tidak baik karena selain rendah serat juga rendah nutrisi. Pilih sayuran hijau seperti brokoli, kol, bok choi atau sawi yang mengandung lebih banyak serat.

Makanan vegetarian membosankan
Mengikuti diet vegetarian tidak berarti Anda hanya boleh makan salad setiap hari. Banyak variasi makanan nikmat yang hanya terbuat dari sayur selain salad. Anda cukup bereksperimen dengan banyaknya sayur-mayur yang ada dan ciptakan resep bebas daging kesukaan Anda.

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top