Friday, 25 December 2015

Perawatan Kulit Ini Sangat Tepat Selama Liburan

Perawatan Kulit Ini Sangat Tepat Selama Liburan - Akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk berlibur. Banyak orang yang sudah merencanakan liburannya sejak lama. Berlibur memang terbukti dapat merelaksasi pikiran Anda. Agar liburan Anda berjalan sesuai rencana, Anda sebaiknya mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Yang juga tidak kalah penting adalah persiapkan perawatan kulit Anda.

Tempat berlibur yang memiliki cuaca ekstrem, dapat mengganggu kesehatan kulit Anda. Tujuan wisata yang memiliki cuaca dingin dapat membuat kulit Anda menjadi kering, gatal, pecah-pecah, hingga bibir kering. Cuaca dingin juga seringkali membuat Anda tidak merasa haus, sehingga dapat membuat tubuh dehidrasi, yang dapat berdampak pada kulit. Sementara pada cuaca yang sangat panas, kulit Anda bisa terbakar, muncul flek kecokelatan, hingga kusam.

Menurut Srie Prihianti, dokter spesialis kulit dan kelamin, dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), diperlukan perawatan kulit yang tepat agar kulit tetap sehat selama liburan. "Perawatan kulit perlu disesuaikan dengan lingkungan dan aktivitas yang dilakukan," ungkap dokter yang akrab disapa dr. Yanti. Perawatan kulit yang disarankan dr. Yanti, sesuai iklim adalah:

Iklim dingin:
1. Mandi dengan sabun yang mengandung ekstra pelembap.

2. Gunakan pelembap dalam bentuk krim sehingga dapat menjaga kelembapan kulit lebih lama. Anda bisa mengoleskan pelembap sesering mungkin.

3. Gunakan sunscreen yang memiliki proteksi terhadap UVB (SPF) dan UVA (PA). Sunscreen yang tepat untuk digunakan di iklim yang dingin adalah yang mengandung SPF 30 dan PA +++. Aplikasikan kembali sunscreen setiap dua jam sekali saat beraktivitas.

4. Mata juga perlu dilindungi dari pantulan sinar matahari pada salju. Gunakan kacamata hitam yang sudah dilengkapi dengan perlindungan terhadap UV.

5. Oleskan lip balm yang mengandung SPF agar bibir tidak kering dan pecah-pecah.

Iklim panas:
1. Mandi dengan sabun yang disesuaikan dengan jenis kulit.

2. Setelah mandi gunakan losion atau krim pelembap kulit.

3. Gunakan sunscreen yang mengandung SPF 30 atau 50 dan PA +++ atau PA ++++. Aplikasikan sunscreen 30 menit sebelum keluar ruangan dan aplikasikan kembali setiap satu hingga dua jam sekali. Sebaiknya pilih sunscreen yang anti air.

4. Cukupi kebutuhan cairan tubuh Anda agar tidak dehidrasi. Cara paling mudah adalah selalu membawa botol berisi air minum saat Anda berjalan-jalan.

Cara-cara di atas merupakan jenis perawatan standar yang harus dilakukan. Namun adakalanya kulit memerlukan perawatan khusus yang disesuaikan dengan jenis kulit. Untuk mengetahui perawatan kulit yang tepat sesuai dengan jenis kulit Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih jauh dengan dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat yang ada di kota Anda sebelum berangkat berlibur.

Konsultasi: Dr. Srie Prihianti, SpKK, PhD, Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI)

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top