-->

5 Manfaat Bermain Pasir Bagi Anak Anak

August 20, 2016
5 Manfaat Bermain Pasir Bagi Anak Anak - Salah satu tempat liburan yang banyak disenangi anak-anak adalah pergi ke pantai. Saat sedang di pantai, aktivitas yang paling sering dilakukan anak selain berenang adalah bermain pasir. Tidak salah bila Anda mendukung aktivitas tersebut dengan memberikan beberapa peralatan bermain. Ternyata, bermain pasir, dapat memberikan banyak manfaat bagi anak.

1. Sensori
Pasir merupakan media yang tepat untuk memberikan pengalaman sensori pada anak. Anak akan mempelajari tekstur pasir yang basah atau kering. Anda dapat mengenalkan anak pada beberapa jenis pasir agar kemampuan sensori anak semakin terasah.

2. Kreativitas
Pasir juga dapat melatih kreativitas anak. Lengkapi aktivitas bermain pasir dengan memberikan beberapa peralatan pendukung yang aman untuk anak. Biarkan anak membuat pasir menjadi berbagai macam bentuk sesuai kreativitas dan imajinasinya.

3. Sosialisasi
Saat bermain pasir bersama temannya, anak akan belajar bagaimana cara bersosialisasi dan bekerjasama. Biarkan anak bekerjasama bersama temannya. Kemampuan sosialisasi akan sangat bermanfaat bagi kehidupan anak, terutama bagi anak yang sudah bersekolah.

4. Melatih fisik
Saat bermain pasir, kemampuan fisik anak akan terasah. Anak akan menggunakan kedua tangannya untuk mengangkat pasir dan membuatnya menjadi berbagai bentuk. Bermain pasir juga dapat menjadi sebuah aktivitas fisik yang akan membuat anak selalu sehat dan bugar.

5. Meredakan emosi
Bermain pasir dapat menenangkan hati dan perasaan anak yang sedang sedih. Suasana bermain yang menyenangkan dan berada di alam bebas akan membuat anak lebih ceria. Anak yang ceria terbukti memiliki kecerdasan yang lebih tinggi.