-->

Beberapa obat ampuh menyembuhkan bintitan pada kelopak mata dari bahan herbal alami

June 26, 2020
BlogTersehat - Beberapa obat ampuh menyembuhkan bintitan pada kelopak mata dari bahan herbal alami, Bintit (terkadang disebut sebagai timbil, dan hordeolum) adalah infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri stafilokokus. Bintitan biasanya terjadi di kelopak mata bagian luar, tapi terkadang juga bisa muncul di bagian dalam. Bintil yang tumbuh di bagian dalam lebih menyakitkan daripada yang tumbuh di luar..



Mata bintitan adalah bisul kecil atau pun besar yang terletak di kelopak mata. Dalam bahasa kedokteran sakit mata bintitan ini dikenal dengan nama hordeolum yaitu suatu infkesi atau peradangan pada bagian kelopak mata yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus.

Berikut adalah beberapa obat ampuh menyembuhkan bintitan pada kelopak mata dari bahan herbal alami :

Air Hangat
Obat mata bintitan yang pertama adalah dengan menggunakan air hangat. Air hangat dipercaya dapat mengempeskan benjolan pada kelopak mata tersebut hanya dalam waktu beberapa hari saja asalkan anda melakukannya pengobatan mata bintitan secara alami ini dengan rutin. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan air hangat kuku dan handuk yang bersih. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam pada air hangat tersebut. Lalu, gunakan handuk yang sudah dimasukkan ke dalam air hangat untuk mengompres mata yang bintitan selama kurang lebih 15 menit. Lakukan setidaknya 3 sampai 4 kali sehari agar mata bintitan segera sembuh.

Blueberry
Buah yang masuk dalam jenis buah berry ini memang sering digunakan untuk pengobatan secara alami. Kali ini, anda bisa menggunakan blueberry sebagai obat mata bintitan alami. Dalam blueberry mengandung banyak vitamin dan zat penting yang bisa menyehatkan mata. Nah, jika anda ingin menggunakan blueberry sebagai obat alami mata bintitan, caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin setiap hari sampai mata bintitan menghilang. Atau, anda bisa menyulap blueberry menjadi jus yang enak untuk anda konsumsi.

Daun Sirih
Daun sirih adalah daun yang kaya akan manfaat. Daun yang biasanya digunakan untuk membersihkan organ intim wanita ini bisa juga anda jadikan obat mata bintitan. Ketika anda mau mencoba khasiat sirih untuk mengobati mata yang bintitan, cara cukup mudah, anda bisa mengambil 3 lembar daun sirih dan rebus daun tersebut dengan satu atau 2 gelas air. Setelah mendidih, saring terlebih dahulu rebusan daun sirih. Lalu, gunakan rebusan daun sirih untuk membersihkan mata yang bintitan atau jika anda mau, anda bisa menjadikan rebusan daun sebagai obat tetes alami anda. Tetapi, rasanya perih dimata saat anda menggunakan rebusan daun sirih untuk obat tetes mata yang bintitan.

Bawang Putih
Salah satu bumbu dapur ini memang sering digunakan untuk pengobatan tradisional. Kali ini, anda bisa menggunakan bawang putih sebagai obat mata bintitan. Tentunya, mata bintitan anda akan lekas sembuh jika anda mau melakukan pengobatan mata bintitan dengan bawang putih secara rutin. Cara mengobati mata bintitan dengan bawang putih cukup simple, bersihkan mata dengan air hangat terlebih dahulu. Haluskan 1 siung bawang putih dan oleskan pada kelopak mata yang bintitan. Anda cukup melakukannya 2 sampai 3 kali dalam sehari sampai mata bintitan sembuh. Baca juga : Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dengan Bawang Putih

Obat Tetes Mata
Jika dengan bahan-bahan alami di atas masih belum cukup untuk mengatasi mata yang bintitan, anda bisa mengobati mata bintitan dengan menggunakan obat tetes mata. Tetapi ingat, jangan menggunakan obat tetes mata secara berlebihan karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya malah bisa memperparah mata anda. Cukup meneteskan 2 tetes sampai 3 tetes obat tetes mata dan anda bisa melakukannya 2 kali sehari saja.

Ketumbar
Salah satu pengobatan alami yang sangat baik untuk bintitan adalah biji ketumbar. Cukup rebus 2-4 sendok makan ketumbar dalam air kemudian kompres mata dengan air rebusan ketumbar ini. Ini karena biji ketumbar memiliki banyak antioksidan dan sifat membunuh bakteri dan mengurangi peradangan sehingga baik untuk bititan.

Teh celup
Jika Anda kebetulan selesai minum teh celup, maka jangan langsung dibuang kantong teh celup tersebut. Anda bisa mengobati bintitan dengan kantong teh celup. Anda cukup mengompres mata dengan kantong teh celup hingga peradangan mengecil. Teh memiliki banyak antioksidan sehingga baik dalam mengurangi penderitaan karena bintitan.

Daun jambu biji
Anda juga bisa mengobati bintitan dengan daun jambu karena daun jambu biji memiliki senyawa menyembuhkan seperti antibakteri dan anti-inflamasi. Anda bisa mengambil beberapa lembar daun jambu biji dan menumbuknya halus kemudian membubuhkan pada kelopak mata yang bengkak bintitan.

Kunyit
Salah satu tanaman obat yang sangat manjur mengatasi semua penyakit adalah kunyit. Dengan sifatnya yang antibakteri dan anti-inflamasi, seruas kunyit yang ditumbuk halus dan dikompres pada mata bintitan akan mempercepat penyembuhan dan meredakan bengkak.

Bunga
Ambil bunga apa pun di halaman Anda, bisa melati, mawar, kenanga, bunga sepatu, yang Anda miliki di kebun jika sedang bintitan. Remas hingga hancur dan gosokkan perlahan pada bagian yang bintitan. Anda akan mendapati mata bintitan mereda dan mata kembali normal. Hal ini terutama sangat efektif jika bintitan disebabkan oleh gigitan serangga.

Bawang putih
Bersihkan dulu mta memakai air hangat. Sedikan 1 siung bawang putih. Lalu haluskan menggunakan blender, diparut ataupun ditumbuk. Kemudian oleskan bawang putih halus tadi di daerah kelopak mata yang sakit

Daun sirih
Obat herbal bintitan dengan daun sirih. Siapkan 1 sampai 3 lembar daun sirih. Rebuslah daun sirih tadi dengan 2 gelas air sampai benar-benar mendidih. Kemudian saring air rebusan daun sirih tadi . Lalu pakailah untuk membersihkan mata yang sakit / bintitan. Bisa juga dijadikan sebagai obat tetes, namun nati rasanya sangatlah pedih.

Salep anti biotik
Cara lainnya bisa dengan menggunakan salep steroid atau salep anti biotik yang bisa dibeli di apotik. Ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran infeksi bakteri. Bersihkan dulu area kelopak mata dengan air hangat, lalu diolesi menggunakan salep. Penting perhatikan tanggal kadaluarsanya sebelum digunakan. Contoh salep yang dapat anda pakai : Amoxicillin (Amoxsan, Kalmoxicilin, Farmoxyl), Ciprofloxacin (Quinox, Baquinor).