-->

16 Peran Krusial Suami Saat Istri Hamil

March 20, 2017
16 Peran Krusial Suami Saat Istri Hamil - Peran suami sangatlah penting saat istri sedang hamil. Kondisi istri saat hamil sangatlah labil seperti mudah emosi dan kadang juga permintaannya yang tidak masuk akal (ngidam). Hal itu adalah wajar, sebagai seorang suami yang baik, Anda harus terus men support istri anda. Berikut ini adalah 16 hal yang dapat di lakukan suami saat istri sedang hamil:

1. Pergilah dengan pasangan Anda untuk periksa kondisi kehamilan ke dokter
Jantung bayi mulai berdetak 22 hari setelah pembuahan, atau minggu kelima kehamilan, dan Anda dapat mendengarnya dengan USG di antara minggu ke 7 dan minggu ke 12. Selama trimester kedua, pergilah dengan pasangan Anda jika dia membutuhkan USG. Anda dapat melihat kepala bayi, lengan, tangan, paha, dan kaki. Anda bahkan dapat mengetahui jenis kelamin bayi.

2. Mencari referensi tentang kehamilan
Menonton rekaman video, mendengarkan kaset audio, memeriksa internet, atau membaca buku-buku tentang perkembangan janin, melahirkan, dan cara menjadi orangtua yang baik.

3. Membantu merencanakan untuk bayi
Bicarakan dengan pasangan Anda tentang apa yang Anda berdua inginkan untuk bayi Anda . Tanyakan teman-teman dan anggota keluarga jika Anda dapat meminjam tempat tidur , meja ganti , atau pakaian bayi . Banyak orang senang untuk membiarkan Anda menggunakan barang-barang mereka . Dengan menyimpan sedikit uang setiap minggu, akan membuat Anda lebih mudah setelah bayi lahir.

4. Ikut kursus
Pergi ke kelas yang akan mengajarkan Anda dan pasangan Anda tentang persalinan.

5. Membantu pasangan Anda tetap sehat selama kehamilan
Bantu dia makan banyak makanan yang berbeda. Perhatikan apa yang Anda makan juga. Jika Anda makan dengan benar, Anda akan membuat lebih mudah baginya. Membantu pasangan Anda agar jauh dari alkohol dan rokok. Alkohol dapat menyebabkan cacat lahir. Dorong dia untuk minum jus atau susu.

6. Membantu pasangan Anda agar jauh dari narkoba
Jika Anda menggunakan obat-obatan terlarang, berhenti sekarang, dan jika pasangan Anda menggunakan narkoba, segeralah cari bantuan untuknya. Selain itu dorong dia untuk konsultasi dengan dokter sebelum membeli obat pasaran atau obat resep.

7. Pastikan pasangan Anda tinggal jauh dari produk rumah tangga yang berbahaya
Pembersih yang kuat, produk cat, insektisida dan semua yang dapat membahayakan bayi Anda. Jangan biarkan dia membersihkan kotoran kucing.

8. Latihan selama kehamilan
Berjalan atau berenang bersama-sama. Keduanya adalah latihan yang aman dan menyediakan waktu bersama-sama.

9. Pastikan pasangan Anda mendapatkan cukup istirahat
Bantu dengan pekerjaan rumah tangga. Dorong dia untuk melakukan latihan relaksasi. Stres bisa sangat berbahaya bagi ibu dan bayi. (baca: Penyebab stress) Sebagai suami, anda harus bersabar jika ada perdebatan dengan Istri saat hamil. Jika Anda menemukan diri Anda menjadi marah dan mengalami kesulitan mengendalikan perasaan negatif, carilah psikolog. Jangan pernah menggunakan kekerasan fisik, intimidasi, meremehkan komentar, atau perilaku kasar lainnya. Ini bukan produktif bagi hubungan apapun dan sangat berbahaya selama kehamilan.

10.Pahami perubahan yang akan Anda lalui selama proses kehamilan
Memahami perubahan yang berbeda baik Anda dan pasangan Anda yang akan terjadi saat Anda mempersiapkan diri untuk menjadi orang tua. Kehamilan menyebabkan banyak perubahan dalam diri seorang wanita, bagaimana perasaannya dan tentang bagaimana tubuhnya berubah. Anda masih bisa berhubungan seks. Berbicara satu sama lain tentang apa yang terasa baik

11. Dukung pasangan Anda tentang pilihan bagaimana memberi makan bayi
ASI yang terbaik untuk bayi. Jika ibu memilih botol susu, Anda dapat mengambil alih memberi makan bayi dan membiarkan ibu istirahat. Bahkan jika menyusui , ibu bisa memompa ASI ke dalam botol , yang akan memungkinkan partisipasi Anda dalam memberi makan bayi.

12. Luangkan waktu untuk berinteraksi dengan bayi Anda
Mendengarkan detak jantung anak Anda, merasakan tendangan. Setiap kali ibu merasakan tendangan bayi yang belum lahir, Anda dapat merespons dengan mengetuk perutnya di daerah yang sama . Bayi yang belum lahir cepat belajar. Berbicara dan bernyanyi untuk bayi Anda . Salurkan pikiran positif dan perasaan cinta langsung kepada anak yang belum lahir . Visualisasikan diri Anda memegang, menyentuh, goyang , atau berbicara dengan anak Anda. Pikirkan tentang jenis ayah yang Anda inginkan untuk anak Anda.

13. Ikuti kursus pijat bayi
Cari kelas pijat bayi dan menghadiri dengan pasangan Anda . Pijat bayi adalah cara yang indah untuk menenangkan bayi.

14. Pelajari cara memandikan, memberi makan, popok, gendong, dan kenyamanan bayi
Semua kegiatan ini akan membangun rasa percaya diri seorang ayah dan meningkatkan ikatan dengan anak.

15. Konsultasi dengan orang yang berpengalaman menjadi seorang Ayah
Konsultasi dengan orang lain yang telah memiliki atau akan memiliki bayi baru. Berbagi perasaan, ide-ide untuk mendukung ibu hamil, dan tips untuk memastikan Anda merawat diri sendiri.

16. Segera setelah bayi lahir, gendong bayi dan melihat ke mata bayi
Jika Anda berbicara dengan bayi sebelum dia lahir, berbicara kepadanya saat lahir, maka ia mungkin akan mengenali suara Anda.

Semoga Anak anda lahir dengan selamat, sehat, dan jadi anak yang berbakti pada orang tua dan tuhan. Terima kasih telah membaca artikel tentang 16 Peran Krusial Suami Saat Istri Hamil