Saturday, 6 May 2017

Obat dan Tips Mengobati Bibir Kering Pecah Pecah

Keadaan bibir yang merekah, kering, gatal, rasa terbakar, dan tidak dapat makan makanan pedas adalah keluhan-keluhan yang sering dijumpai pada penderita keilitis moniliasis.

Keilitis moniliasis adalah peradangan pada bibir yang berkaitan dengan Candida albicans dan kebiasaan menjilat bibir. Organisme Candida tersebut mendapatkan jalan masuk ke lapisan-lapisan permukaan dari epitel bibir setelah lapisan tipisnya rusak, yang disebabkan ole
h keadaan basah dan kering yang berulang-ulang dari jaringan bibir.  Akibatnya, terjadi pengelupasan epitel permukaan bibir dan dapat terlihat sisik keputihan halus.

Selain kebiasaan menjilat bibir, keilitis moniliasis juga disebabkan oleh reaksi hipersensitif terhadap bahan-bahan yang terdapat di dalam pelembab bibir atau lipstik.


Obat Untuk Mengobati Bibir Kering Bibir Pecah Pecah :

Mentimun
Cara mengatasi bibir kering dan hitam dengan memakai mentimun. Mentimun memiliki kandungan alami yang mampu memberikan kelembaban pada kulit bibir yang kering sekaligus membuat warna bibir menjadi lebih terang. Mentimun kaya akan mineral dan vitamin, antioksidan serta senyawa lainnya, cukup keluarkan sari mentimun pada permukaan bibir, sehingga sari alami dari mentimun bisa masuk dan meresap ke dalam lapisan kulit bibir, selain membantu mengatasi bibir yang kering, mentimun juga baik untuk menghaluskan bibir.

Minyak Kelapa
Minyak kelapa atau mentega, dioleskan ke area bibir yang kering. Asam lemak dalam minyak kelapa dan mentega bisa membantu mengatasi kulit bibir yang kering dan juga melembabkannya. Selain mengatasi kulit kering, minyak kelapa juga berkhasiat menyingkirkan bibir yang berwarna gelap.
Madu, teteskan sedikit pada ujung jari anda kemudian oles-oles ke bibir yang kering lalu pijat-pijat lembut. Madu memiliki khasiat melembabkan dan melembutkan bibir serta mengurangi bibir pecah-pecah.

Tomat
Tomat, potong dan pijatkan pada bibir yang kering. Bisa juga dengan menambahkan sedikit madu sebelum mengoleskannya ke bibir. Selain cara ini anda juga bisa membuat jus tomat karena jus tomat berkhasiat menyembuhkan bibir yang kering.
Mentimun, memiliki kandungan air sangat tinggi. Potong mentimun kemudian oleskan pada bibir yang kering. Gunakan 2 kali sehari. Mentimun mengandung vitamin C yang dapat melembabkan bibir.

Lemon
Lemon, mampu mengelupas kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati dan juga membersihkannya. Bisa anda lakukan tips ini 2 kali sehari untuk hasil yang lebih optimal.
Lidah buaya, mengandung zat higroskopis yang membantu dalam melembabkan dan menjaga kulit agar tetap lembut.

Basahi bibir saat merasa kering dengan air putih
Membasahi bibir jangan dengan menjilati bibir, karena dalam air liur terdapat kelenjar dan enzim yang dapat membuat iritasi pada bibir sehingga bibir akan semakin kering. Cukup gunakan air putih atau minum segelas air putih untuk membasahi bibir.

Konsumsi sayur dan buah
Pilih sayur dan buah yang mengandung vitamin C, B, E dan mineral. Kadar air yang terdapat pada bibir juga membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Mengenai mengapa buah bermanfaat dan kandungan apa saja di dalam buah.

Gunakan lip balm yang mengandung tabir surya & pelembab
Sinar matahari merupakan salah satu faktor penyebab keringnya bibir sehingga penggunaan tabir surya pada bibir menjadi penting. Begitu juga dengan pelembab yang diperlukan agar kelembapan bibir tetap terjaga saat melakukan aktivitas seharian.

Bersihkan sisa lipstik sebelum tidur
Sisa lipstik dapat dibersihkan menggunakan sikat gigi yang lembut dan scrub bibir untuk menyikat bibir dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Dapat pula menggunakan handuk lembut yang dicelupkan ke dalam air hangat untuk membersihkan bibir.

Hindari hidup merokok atau minum alkohol
Bahan kimia yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan warna hitam pada bibir. Sedangkan alkohol dapat membuat dehidrasi yang berakibat bibir menjadi kering.

Minyak zaitun
Pemijatan akan membantu peredaran darah pada bibir menjadi lancar sehingga bibir tetap sehat. Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk melakukan pengolesan pada bibir pada saat memijat bibir Anda.

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top