Wednesday, 17 May 2017

Tips Cara Mengobati Bau Mulut atau Nafas Tak Sedap

Tips Cara Mengobati Bau Mulut atau Nafas Tak Sedap - Bau mulut yang keluar tentu akan sangat mengganggu tidak hanya diri sendiri tapi juga orang lain. Hal itu juga akan membuat orang merasa marah dan juga bisa membuat malu bagi yang mengalaminya.

Bau mûlut merupakan suatu kondisi dimana mulut mengeluarkan bau busuk tak sedap yang cukup menyengat hidung. Hal ini akan mengakibatkan, orang-orang yang berada di sekitar anda menjadi tidak nyaman & terganggu oleh bau yang keluar seperti bekas makan petai dari mulût anda,

Berikut adalah tips dan cara mencegah dan menghilangkan bau mulut atau nafas berbau :

Daun Mint dan Biji Bunga Matahari
Kedua-dua nya menyembuhkan masalah nafas kerana ia dapat membersihkan mulut dan menjadikan kafas lebih segar. Kunyah biji bunga matahari selepas makan dan minum air untuk membantu membersihkan mulut dan mengunyah daun pudina untuk mengeluarkan bau yang segar daripada anda. Contohnya: makan chewing gum yang mempunyai kandungan pudina dan gula-gula berperisa mint.

Menjaga Kebersihan Mulut
Tadi saya sudah menjelaskan beberapa hal yang dapat menyebabkan mulut kita menjadi bau, dan hampir semuanya berkaitan dengan kebersihan mulut. Jadi, agar kita terhindar dari bau mulut, sebaiknya anda harus rajin membersihkan mulut anda, seperti dengan rajin menggosok gigi 2x sehari (bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur pada malam hari), jika perlu anda bisa menggosok gigi setiap kali sehabis anda makan.

Kurangi Makan Makanan yang Berbau Tak Sedap
Jika sebelumnya anda suka sekali dengan makanan yang baunya menyengat seperti jengkol dan petai, mungkin mulai dari sekarang anda harus mulai menguranginya. Terlebih lagi jika anda akan datang ke suatu acara seperti rapat, pesta dsb. 

Jangan Lupa Sarapan Pagi
Selain dapat menjegah masuk angin, sarapan pagi juga dapat mencegah timbulnya bau mulut, karena dengan sarapan pagi, bakteri penyebab bau mulut yang ada dimulut kita akan mati karena produksi air liur dalam mulut meningkat.

Jaga Kesehatan Gigi
Jika bau pada mulut anda disebabkan oleh gigi berlubang, anda bisa mengunjungi dokter gigi, anda bisa menambal gigi tersebut atau bahkan mencabut gigi berlubang tersebut. 

Makan Beras
Orang-orang dulu percaya bahwa bau mulut dapat dihilangkan dengan memakan beras mentah (bukan nasi). Makannya orang dulu, jika selesai makan jengkol ataupun petai, biasanya langsung makan beras.

Kawat gigi sebaiknya dibersihkan secara berkala
Ini khusus untuk Anda yang menggunakan kawat gigi dengan tujuan medis, bukan mengikuti trend. Kawat gigi termasuk alat penahan yang menempel pada gigi. Alat ini harus dibersihkan secara menyeluruh setiap kali menggosok gigi, pastikan agar semua celah dan sudut sudah dibersihkan.

Sediakan buah-buahan segar di dalam lemari es
Jika Anda sudah bosan dengan permen karet tanpa rasa, cobalah konsumsi buah segar yang mempunyai rasa manis, seperti apel. Konsumsi apel secara rutin bisa mengurangi bau mulut. 

Hentikan merokok
Berhenti merokok adalah solusi yang paling jitu untuk Anda yang mengalami bau mulut karena kecanduan rokok. Rokok tidak hanya merusak kesehatan tapi juga dapat menyebabkan bau mulut.

Kopi Hitam
Kopi hitam yang baru ditumbuk, dipercaya dapat mengatasi bau mulut. Caranya, ambil satu kepalan kopi hitam yang baru ditumbuk, kemudian makan. Walaupun rasanya pahit, tapi kopi hitam ampuh untuk mengusir bau mulut.

Berkumur
Saat mulut anda mengeluarkan bau tak sedap yang menyengat, anda bisa berkumur. Anda bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih, moutwash (antiseptik), atau bisa juga dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam.

Mengunyah Permen Karet
Lho kok ngunyah perment karet? Emang apa hubungannya mas bro? begini lho, kan tadi sudah dijelaskan, dalam mulut kita ada yang namanya bakteri penyebab bau mulut yang akan mati oleh air liur yang dihasilkan oleh mulut. Jadi tujuan mengunyah perment karet adalah untuk merangsang produksi air liur pada mulut. Faham? hehe

Susu Kental Manis
Hmm, siapa sih yang gak tahu susu, selain enak susu juga menjadi sumber kalsium. Ternyata selain tinggi kalsium susu juga ampuh untuk mengatasi bau mulut. Caranya campurkan susu kental manis tdi dengan satu gelas air hangat, kemudian diminum.

Perbanyak minum air putih
Air putih akan membuat mulut Anda terjaga dari dehidrasi (kekurangan cairan). Berkurangnya air liur di dalam mulut dapat menimbulkan bau tak sedap. Oleh karena itu, dalam sehari usahakan agar mulut tidak kering, caranya dengan memperbanyak minum air putih. Apabila cara ini dirasa tidak berhasil kunjungi dokter gigi untuk konsultasi seputar problem yang sedang Anda alami.

Waspada terhadap penyakit gusi
Periodontal atau orang awam menyebutnya penyakit gusi sangat membantu menimbulkan bau kurang enak dari mult Anda. Hal ini terjadi karena pada dasar gigi (gusi) terdapat banyak bakteri yang tidak pernah dibersihkan. Jika kondisinya terbilang parah, kunjungi periodontist, yaitu dokter yang khusus menangani penyakit gusi.

Kumur air garam
Jika bau mulut sudah datang pada Anda, cara praktis untuk mengatasinya berkumurlah dengan menggunakan air garam. Ambil satu gelas s air hangat beri sedikit garam kemudian kumur-kumurlah.

Tag Search :
mengobati bau mulut,mengobati bau mulut,mengobati bau mulut karena gigi berlubang,mengobati bau mulut akibat asam lambung,mengobati bau mulut dengan cara tradisional,mengobati bau mulut pada anak,menghilangkan bau mulut,menghilangkan bau mulut,menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang,menghilangkan bau mulut dengan cepat,menghilangkan bau mulut dengan daun sirih,menghilangkan bau mulut setelah makan pete,menghilangkan bau mulut permanen,menghilangkan bau mulut secara permanen,menghilangkan bau mulut dengan air garam

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top