Tuesday, 16 May 2017

Tips Dan Cara Menghitamkan Rambut Beruban Tradisional

Tips Dan Cara Menghitamkan Rambut Beruban Tradisional - Ternyata saat ini banyak dijumpai anak muda yang mengalami masalah rambut memutih, bahkan sebelum waktunya. Sekarang, anda tak perlu khawatir, karena banyak cara menghilangkan uban yang mudah untuk diterapkan di rumah. 

Berikut tips dan Obat tradisional Untuk menghitamkan rambut beruban yang alami dan manjur :

Berhenti merokok
Merokok terbukti secara ilmiah dapat mempercepat penuaan pada tubuh. Berhenti merokok juga dapat meningkatkan sirkulasi dan memperlambat tumbuhnya uban.
Orang yang merokok empat kali lebih mungkin mengalami uban lebih dini dibandingkan orang tidak merokok.

Jaga cairan tubuh
Produksi melanin menurun karena berkurangnya asupan mineral tembaga. Karena itu, ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari untuk mencegah timbulnya uban, seperti minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi. Dianjurkan juga memperbanyak minum air putih.
Kurangi kafein dan alkohol, serta tingkatkan konsumsi air. Perhatikan juga jumlah makan makanan yang berlemak dan mengandung oksidan tinggi seperti gorengan, makanan pedas dan asam setiap harinya karena makanan ini dapat mengurangi kadar air dalam tubuh dan kelembaban. Kurangnya kelembaban menghalangi nutrisi mencapai kantung pada rambut yang berakibat pada memutihnya rambut.

Tidur cukup
Tidur merupakan waktu terbaik untuk relaksasi tubuh serta menurunkan tingkat stres. Selain itu, tidur yang cukup akan membuat anda tampak awet muda.

Makan makanan mengandung Vitamin B12 dan Omega-3
Kekurangan vitamin B12 dan Omega-3 mengakibatkan rambut memutih lebih cepat. Makanlah makanan yang kaya akan B12 seperti telur, keju, sapi, pisang, ikan dan daging domba dan unggas.
Sebaiknya juga memperbanyak kandungan tembaga seperti kepiting, tiram, minyak biji matahari, kacang mede dan kacang almond.

Tingkatkan sirkulasi darah
Peredaran darah yang lancar penting untuk mencegah rambut memutih. Tidak ada gunanya memakan semua vitamin dan mineral, apabila semua itu tidak dapat mencapai kulit kepala dan rambut.
Untuk memperlancar peredaran, berolahragalah secara teratur. Perlu juga diperhatikan untuk memijat kulit kepala dengan ujung jari setiap hari selama 5-10 menit.

Stop aktivitas cabut uban
Seringkali orang mencabut uban ketika uban tersebut terlihat menghiasi rambut. Padahal, tidak dianjurkan mencabut uban karena akan berdampak buruk bagi kesehatan.
Rambut tumbuh di bawah kulit kepala yang terdapat banyak saraf di dalamnya, karena itu mencabut akan mengganggu saraf. Akibatnya, sinyal saraf untuk memproduksi warna rambut akan terganggu.

Konsumsi mikronutrien
Terkadang kekurangan mikronutrien tertentu seperti zat tembaga dalam makanan menyebabkan rambut berubah karena produksi melanin menurun. Karena itu dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung zat tembaga seperti lobak hijau, kacang lima, bayam, berry hitam, nenas, delima, kacang almond, biji labu dan daging.

Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin setiap hari yang mengandung zat tembaga.

Minyak kelapa & jeruk Nipis
Usapkan campuran minyak kelapa dan air jeruk nipis pada rambut dan remas-remas dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas. Banyak wanita yang melakukan hal ini setiap hari, rambutnya bisa tetap hitam sampai usia 60-an.

Teh basi & Garam
Ambil secangkir teh yang pekat biarkan 1 x 24 jam dan tambahkan satu sendok teh garam. Ketika sudah basi dan akan digunakan, tuangkan rata ke rambut dan pijat-pijat kulit kepala. Biarkan selama satu jam, lalu bilas dengan air dingin tanpa sampo.

Minyak kemiri
Usapkan minyak kemiri pada rambut. Pertama sangrai kemiri lalu tumbuk sampai mengeluarkan minyak. Lulurkan pada rambut dan diamkan selama 15 menit sebelum dicuci.

Biji Pepaya 
Pada zaman dahulu kala Raja-raja memakai beberapa bahan alami pewarna rambut terbuat dari biji pepaya. Caranya dengan menyangrai terlebih dahulu biji pepaya lantas ditumbuk hingga halus kemudian imbuhkan minyak kelapa. Oleskan ke semua sisi rambut dan lakukan perawatan ini secara teratur  seminggu sekali.

Yogurt pahit 
Campurkan  satu gram lada hitam atau kopi bubuk dengan 100 gram yogurt tanpa gula. sesudah itu lumuri dengan halus ke kulit kepala serta rambut kemudian bersihkan dengan air hangat dan sampo sesudah satu jam. kerjakan rincian ini setiap minggu untuk memperoleh hasil yang baik maka tak hanya menyingkirkan uban, campuran ini dapat membuat rambut anda bercahaya dan terhindar dari ketombe. Selain itu lada hitam menjadikan rambut lebih hitam dan kopi menjaga warna rambut.

Mengoleskan Jus Labu
Campuran jus labu bersama minyak wijen atau minyak zaitun menolong rambut lebih sehat, bercahaya dan tidak tipis jugamenghindarkan rambut beruban. 

Memakai daun teh
Saring teh lalu campurkan daun teh dengan satu sendoh teh garam. Taburkan ke atas kepala dan rambut rambut selama satu jam lantas bersihkan dengan air. Kerjakan setiap hari dalam 10 hari maka rambut anda akan terbebas dari uban.

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top