Monday, 1 December 2014

8 Tips mencegah varises ketika hamil

8 Tips Mencegah Varises Ketika Hamil - Varises atau pembesaran vena adalah salah satu gangguan yang umum terjadi ketika wanita sedang hamil. Hal itu tentu saja akan berdampak terhadap berkurangnya kepercayaan diri. Akan tetapi, bukan hanya itu, varises juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius, misalnya penyumbatan vena.

Direktur The Vein Treatment Center, New York, Luis Navarro, berkata bahwa kehamilan adalah faktor percepatan formasi vena yang paling besar. Hal itu dipengaruhi oleh meningkatnya volume darah dan juga tekanan janin yang membesar pada vena cava inferior yakni vena terbesar dalam tubuh.

Oleh karena itu, tekanan terhadap vena di bagian tubuh yang lain, misalnya kaki, juga akan bertambah. Meskipun vena di bagian kaki telah bekerja cukup berat guna mengembalikan darah menuju bagian atas tubuh kita, ternyata masih ditambah juga dengan perlebaran vena yang diakibatkan meningkatnya hormon progesteron.

8 Cara mencegah varises ketika hamil
Luis berkata bahwa penyebab yang paling umum untuk varises yaitu katup dan dinding vena yang lemah.  Faktor usia, berat badan, dan jumlah kehamilan juga meningkatkan resiko varises. Akan tetapi varises pada kehamilan sesungguhnya dapat dicegah melalui cara sebagai berikut.

1. Menjaga bertambahnya berat badan
Bertambahnya berat badan secara berlebihan ketika hamil bisa mengakibatkan varises. Jadi pastikan bertambahnya berat badan sesuai dengan yang dianjurkan dan juga sesuai dengan indeks massa tubuh sebelum waktu hamil.

2. Memposisikan kaki Anda lebih tinggi
Sebaiknya setiap tiga jam kita memposisikan kaki lebih tinggi dari jantung, karena hal itu akan memperbaiki sirkulasi. Ketika berdiri, tidak boleh bertumpu hanya dengan satu kaki, selain itu tidak diperkenankan menyilangkan kaki ketika duduk.

3. Sewaktu tidur menghadap ke arah kiri
Tidur menghadap ke kiri adalah cara yang baik supaya darah bisa kembali ke arah kanan tubuh, karena vena cava berada pada tubuh bagian kanan.

4. Disarankan untuk menggunakan stoking khusus
Untuk mempermudah fungsi vena, sebaiknya menggunakan stoking khusus yang longgar di bagian paha dan ketat dibagian pergelangan kaki karena dapat membantu darah untuk lebih mudah naik.

5. Melakukan olahraga
Berolahraga adalah cara yang paling baik untuk memperbaiki sirkulasi darah. Disarankan agar berolahraga selama 30 menit setiap hari. Para ahli menyatakan bahwa berolahraga aman dilakukan ketika hamil (bukan olahraga berat).

6. Menghindari konstipasi
Untuk menghindari konstipasi, usahakan untuk minum air putih yang banyak, mengurangi mengkonsumsi garam dan memakan makanan yang kaya serat, karena konstipasi memperbesar resiko varises.

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top