-->

Obat Apotik Kutu Air Di Jari Kaki Tangan Serta Obat Tradisionalnya

February 03, 2021
Kutu air adalah sebutan awam bagi sejumlah krustasea kecil penghuni air. Kutu air bukan serangga dan tidak hidup sebagai parasit, sebagaimana banyak kutu yang hidup di luar air. Dan jika hubungkan dengan penyakit, kutu air ini biasa disebut dengan "Tinea Pedis"

Kutu air juga bisa mempengaruhi kuku sehingga membuatnya menjadi rapuh dan mudah patah. Kutu Air merupakan istilah bagi suatu penyakit disebabkan oleh Jamur Tricophyton dan Jamur Dermatophytes. Infeksi jamur umumnya terjadi di kaki meskipun sebenarnya dapat pula terjadi pada berbagai bagian tubuh lain seperti tangan, pangkal paha, dan kulit kepala. Infeksi kutu air berawal diantara jari kaki dan menyebar ke bagian lain dari kaki.

Kebiasaan mengenakan kaus kaki lembab atau kaki yang sering terkena air membuat kulit rentan mengalami kutu air.

Orang yang sering mandi di kolam renang atau pemandian umum rawan terkena kutu air karena tempat tersebut kurang terjaga kebersihannya.


Obat Kutu Air Di Apotik yang di jual di apotik :
  • Kalpanax
  • Kalpanax cream
  • Cyperkiller
  • Canesten Cream
  • Dalmat
  • Nosib
  • Pi Kang Shuang
  • Betason


Berikut Obat Kutu air dari bahan alami yang ampuh :

Tea tree oil (minyak pohon teh)
Herbal lain yang berkhasiat meredakan kutu air adalah tea tree oil.
Oleskan minyak herbal ini ke daerah yang mengalami infeksi untuk membunuh mikroba serta mempercepat penyembuhan kutu air.
Meskipun mungkin tidak sepenuhnya menyembuhkan kutu air, tea tree oil efektif untuk meningkatkan penampilan kulit.

Cuka apel
Jamur pada kaki akan menyebabkan pH kulit menyimpang dari batas normal.
Mengembalikan nilai pH pada kulit merupakan salah satu cara membebaskan kulit dari serangan jamur kutu air.
Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang dikenal mampu membantu mengatur pH kulit.
Buat larutan cuka apel dan air dengan perbandingan satu banding satu. Rendam kaki yang terkena kutu air dalam larutan tersebut selama minimal 20-25 menit setiap hari.

Air Cuka
Air cuka fungsinya juga sama seperti air garam, untuk menghilangkan rasa pedih yang berlebihan campurkan air cuka dengan air biasa, bila perlu dengan menggunakan air panas/hangat agar steril dari kuman.

Minyak Kelapa
Minyak kelapa mampu menghambat tumbuhnya jamur di kulit, termasuk jamur panu dan jamur penyebab kutu air. Oleh karena itu, minyak kelapa ampuh mengatasi kutu air yang tumbuh di kaki. Selain itu, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk perawatan kulit sehingga melembabkan kulit secara alami.

Air garam
Air garam merupakan obat alami kutu air yang paling sederhana dan mudah ditemukan. Garam memiliki sifat anti jamur sehingga ampuh mengobati kutu air. Rendam kaki selama kurang lebih 15 menit pada air hangat yang telah ditaburi garam. Jika dilakukan secara rutin, cara ini efektif mengatasi kutu air di kaki.

Daun Teh
Teh yang umumnya dijadikan minuman, ternyata juga memiliki zat yang ampuh memberantas kutu air. Kandungan asam tannic pada teh mampu membasmi jamur yang tumbuh di kulit sehingga kutu air dapat reda.
Cara penggunaannya yaitu dengan menyeduh teh secukupnya dengan air yang mendidih. Setelah mulai hangat, gunakan untuk merendam kaki kurang lebih selama 30 menit. Lakukan secara teratur agar kutu air segera hilang.

Lendir lidah buaya
Lendir lidah buaya bersifat antiseptik dan anti inflamasi juga anti bakteri yang mana baik untuk membantu perbaikan kulit yang terluka, baik itu luka lecet maupun bengkak. Mengobati kutu air dengan kandungan alami dari lendir lidah buaya dengan cara mengoleskan lendir lidah buaya di atas daerah kulit yang terkena penyakit kutu air secara merata untuk mencegah peradangan. Lakukan disaat kutu air telah kempis.

Pasta gigi
Mengobati kutu air juga bisa dilakukan dengan memakai pasta gigi, cara ini merupakan cara termudah yang dapat dilakukan kapan pun Anda bisa melakukannya. Pasta gigi berkhasiat untuk mengeringkan luka akibat infeksi kutu air. Mengobati kutu air dengan menggunakan pasta gigi akan mengurangi risiko penyakit kutu air memasuki tahap yang jauh lebih parah. Pasta gigi membantu meningkatkan kesembuhan penyakit kutu air.