Saturday, 25 July 2015

Beberapa Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Tumbuhan yang mempunyai nama latin Psidium guajava ini, oleh masyarakat Indonesia sering disebut dengan jambu batu, jambu biji, jambu klutuk, atau beberapa nama lain yang berbeda-beda di tiap daerah.

Beberapa Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan
Tumbuhan penghasil buah yang mempunyai kandungan vitamin A dan C cukup tinggi ini, merupakan tanaman buah jenis perdu yang berasal dari Brasil. Sedangkan proses penyebarannya ke Indonesia dibawa melalui Thailand.

Seperti kita ketahui bersama, tumbuhan ini tidak hanya sekedar buahnya saja yang diambil manfaatnya baik untuk kesehatan atau aneka produk olahan. Tetapi, daun jambu biji juga sangat bermanfaat untuk kesehatan khususnya sebagi media pengobatan tradisional.

Daun dari tumbuhan ini juga cukup terkenal khasiatnya dalam dunia pengobatan, dan yang paling umum serta cukup fenomenal adalah untuk mengobati diare (pastinya manfaat yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi sobat).

Ok, untuk mengetahui apa saja kegunaan daun jambu biji dalam dunia pengobatan tradisional, atau lebih simpelnya kita sebut saja manfaatnya sebagai Toga. Berikut ini kami paparkan beberapa manfaat daun jambu biji untuk kesehatan khususnya gangguan kesehatan seputar area pencernaan. Semoga bermanfaat.

Mengobati Diare
Di antara penyebab diare misalnya mengonsumsi makanan pedas, asam, alkohol, atau vitamin c secara berlebihan dan masih banyal lagi. Sedangkan, tanda-tanda atau gejala diare misalnya buang air besar secara terus menerus disertai dengan rasa mulas yang berkepanjangan.

Untuk mengatasi diare, sobat bisa melakukan salah satu alternatif di bawah ini:
Merebus 30 gr daun jambu biji dan segenggam tepung beras dengan 1-2 gelas air. Selanjutnya, minum larutan 2 kali sehari.

Kunyah 3 lembar daun jambu biji muda yang masih segar dengan sedikit tambahan garam lalu ditelan. Lakukan sehari 2 kali.

Cuci bersih 6 lembar daun jambu biji, kemudian ditumbuk sambil diberi secangkir air matang, peras, terakhir minum airnya. Ramuan untuk diminum 2 kali sehari (takaran silakan disesuaikan).

Mengobati Sakit Maag.
Secara garis besar penyakit maag bisa dibedakan menjadi dua kelompok yaitu maag akut dan maag kronis. Di antara penyebab maag misalnya dikarenakan telat makan, makan tidak teratur, makan terlalu banyak, stres, bakteri, dll. Sedangkan gejala penyakit maag yang paling umum di antaranya sering bersendawa, nyeri pada perut disertai rasa perih, dan masih banyak lagi.

Sebagai solusi untuk mengobati penyakit maag, sobat bisa menyiapkan 8 helai daun jambu biji, selanjutnya cuci bersih lalu rebus dengan 1,5 liter air. Terakhir, ramuan diminum 3 kali sehari (takaran disesuaikan).

Mengatasi Perut Kembung Pada Anak
Orang tua mana yang tidak sedih bila belahan hatinya terserang penyakit. Bagi orang tua yang tempat tinggalnya dekat dengan fasilitas kesehatan dan berkecukupan, untuk mengatasi kondisi ini mungkin tinggal dibawa ke dokter atau faskes terdekat. Tapi, untuk yang tempat tinggalnya jauh dari failitas kesehatan (baca: pelosok) pengobatan tradisional mungkin menjadi alternatif.

Untuk mengobati perut kembung yang menyerang belahan hati Anda, sipakan 3 helai daun jambu biji, 2 cm / setengah jari kulit batang pulasari, dan 5 butir adas. Rebus semua bahan dengan 1,5 gelas air hingga airnya tersisa setengah, lalu saring. Selanjutnya minum ramuan 3 kali sehari. Takarannya, anak di bawah 3 tahun satu sendok makan, sedangkan untuk anak di atas 3 tahun 2 sendok makan.

Mengobati Beser
Beser merupakan keadaan atau kondisi yang mana penderita terlalu sering buang air kecil. Beser bisa menyerang siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa terlebih lansia.

Untuk mengatasi kondisi ini, siapkan 3 pucuk daun jambu biji lalu cuci, selanjutnya lalap dengan sedikit tambahan garam dan merica. Lakukan setiap siang dan malam selama 2 hari
via

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top