Monday, 30 November 2015

Ingin Segera Hamil? Coba Konsumsi Makanan Ini

Ingin Segera Hamil? Coba Konsumsi Makanan Ini - Banyak hal yang bisa menjadi penyebab sulit hamil. Mulai dari masalah kesuburan baik pada pria maupun wanita, stres hingga masalah kesehatan lain yang memengaruhi organ reproduksi. Bila dalam kurun waktu satu tahun setelah menikah, belum ada tanda-tanda hamil, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi pada dokter kandungan.

Selain itu, usaha lain yang bisa Anda lakukan agar bisa segera hamil adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan sehat yang bisa membantu kesuburan. Berikut beberapa makanan yang sebaiknya Anda konsumsi saat merencanakan kehamilan.

Makanan saat haid
Saat wanita mengalami menstruasi, disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan kaya akan protein dan zat besi. Sumber protein hewani seperti daging, ikan dan ayam adalah makanan terbaik untuk mendapatkan protein maupun zat besi. Namun, karena sumber protein hewan cenderung tinggi lemak, yang bisa menjadi penghambat kesuburan, maka kombinasikan protein hewani dengan protein nabati seperti kacang-kacangan, tempe dan tahu. Protein dari kacang-kacangan ini memiliki kandungan lemak yang cukup rendah sehingga aman untuk menjaga kesuburan Anda.

Makanan setelah haid
Setelah menstruasi, kondisi hormonal wanita cenderung masih berantakan dan belum stabil. Agar hormon dapat segera seimbang sehingga memicu proses kesuburan, dianjurkan untuk konsumsi sayuran seperti brokoli, kol, dan kubis. Sayuran ini mengandung fitonutrien yang membantu metabolisme estrogen. Makanan kaya vitamin E seperti avokad, minyak zaitun, dan kacang-kacangan juga diperlukan guna meningkatkan kesuburan sel telur.

Makanan masa ovulasi
Masa ovulasi biasanya terjadi antara 12 sampai 14 hari sebelum siklus haid Anda mulai kembali. Masa ovulasi adalah waktu saat sel telur dilepas ke rahim karena tidak mengalami pembuahan. Untuk memicu pelepasan sel telur dengan baik, tubuh wanita membutuhkan vitamin B, C dan seng. Kebutuhan vitamin B saat ovulasi sekitar 200 mg yang dapat Anda peroleh dari telur, kentang, bayam dan avokad. Ikan yang kaya akan omega 3 juga diperlukan pada fase ini untuk memperlancar peredaran darah sekitar uterus. Tak hanya itu, dengan minum banyak air putih, Anda juga dapat mengurangi lapisan lendir serviks yang dapat menghambat sperma mencapai sel telur.

Makanan setelah berhubungan
Masa penantian setelah berhubungan adalah waktu paling menegangkan. Tapi tidak berarti Anda membiarkan stres menghalangi Anda. Untuk memicu pembentukan sel baru dari calon anak, disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya akan vitamin A  atau betakaroten. Sayuran berwarna oranye seperti wortel, labu atau ubi manis bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan vitamin A. Nanas juga merupakan makanan yang terbukti dapat membesar peluang Anda untuk hamil, sebab selain mengandung vitamin A, nanas juga mengandung bromelain yang terbukti membantu sel telur yang telah dibuahi untuk melekat pada dinding rahim.

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top