Monday, 17 April 2017

Kiat Tepat Membentuk Karakter Kemandirian Anak

Kiat Tepat Membentuk Karakter Kemandirian Anak - Kemandirian merupakan salah satu kunci kesuksesan seseorang. Dengan jiwa yang mandiri, seseorang mudah mendapatkan apa yang ia inginkan tanpa bergantung pada orang lain. Anak-anak yang mandiri akan tumbuh menjadi anak yang percaya diri dan yakin terhadap kemampuan dirinya sendiri.

Memiliki anak yang mandiri tentu saja menjadi harapan semua orangtua. Namun begitu, kemandirian bukan sesuatu yang mudah untuk dimiliki. Karena itu, kemandirian perlu dilatih sedini mungkin.

Pada hakikatnya kemandirian adalah sesuatu yang berdasar pada kebiasaan. Berdasarkan banyak penelitian, sesuatu yang dilakukan secara terus-menerus selama 21 hari berturut-turut akan menjadi sebuah kebiasaan.

Beberapa tips berikut dapat Anda lakukan pada anak:

1. Jangan selalu andalkan pengasuh
Untuk kegiatan yang sekiranya dapat dilakukan si kecil, sebaiknya Anda tidak meminta bantuan pengasuh untuk melakukannya. Misalnya, untuk merapikan mainan yang selesai dimainkan. Ajak si kecil untuk bersama-sama merapikan mainannya ke tempat semula. Untuk tahap awal, Anda boleh saja membantunya, kemudian selanjutnya biarkan anak melakukannya sendiri.

2. Berikan pujian
Setelah si kecil berhasil melakukan kegiatannya sendiri, berikan ia pujian. Hal tersebut dilakukan agar mereka semakin termotivasi untuk terus melakukannya. Selain itu, hal tersebut juga dapat membuat anak merasa dihargai usahanya.

3. Biarkan mereka ikut campur
Untuk beberapa kegiatan rumah tangga yang tidak membahayakan, Anda bisa melibatkan si kecil untuk membantu. Misalnya, menyiram tanaman atau merapikan buku dan majalah ke dalam rak. Dengan begitu si kecil akan merasa menjadi bagian penting dalam keluarga.

4. Hindari memberi perintah
Jangan memberikan kesan bahwa berbagai macam kegiatan yang harus mereka lakukan sendiri merupakan suatu kewajiban. Tetapi, buatlah hal tersebut sebagai suatu kegiatan yang perlu mereka lakukan, sehingga mereka akan melakukannya sendiri tanpa paksaan dan tanpa Anda suruh sekalipun.

5. Jangan menganggap mereka lemah
Banyak orangtua yang menganggap bahwa anaknya selalu kecil dan tidak tumbuh dewasa, sehingga mengerjakan semua kebutuhan si kecil. Padahal, untuk anak-anak di usia tertentu membawa tas ke sekolah dan merapikan buku sudah dapat mereka lakukan sendiri. Biarkan mereka melakukannya sendiri, namun tetap di bawah pengawasan Anda. Selain melatih kemandirian, hal tersebut juga dapat melatihnya bertanggung jawab.

Nah Itu Dia Sob Pembahasan Artikel Kiat Tepat Membentuk Karakter Kemandirian Anak Mudah-mudahan Bermanfaat , Silahkan Bagikan Lewat Akun SosMed Sobat Sapa Tahu Diluaran Sana Ada Yang Memerlukan Tentang Pembahasan Artikel ini, Terimakasih.

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top