-->

Obat Luka Bakar Kena Knalpot dan Tips Menghilangkan Bekas Luka

May 17, 2017
Sebaiknya lakukan penanganan dengan cepat apabila mengalami luka bakar tersebut, karena dapat menimbulkan infeksi. Infeksi pada luka bakar terjadi karena kulit sebagai barier pertahanan tubuh mengalami kerusakan dan menjadi media yang baik untuk tumbuhnya bakteri. Risiko mengalami infeksi ini akan meningkat seiring dengan meningkatnya luas luka bakar pada kulit. Oleh karena itu, penyembuhan luka bakar perlu dipercepat antara lain dengan cangkok kulit atau juga dengan terapi sel untuk menggantikan jaringan kulit yang rusak.

Hal yang dilakukan saat terkena luka bakar baik itu karena knalpot ataupun terkena api dan lainnya yang mengndung panas :

Obat Luka Bakar Kena Knalpot dan Tips Menghilangkan Bekas Luka - Segera siram luka Anda dengan air mengalir selama 5-10 menit, lebih baik menggunakan air matang agar lebih terjamin kebersihannya. Menyiram luka dengan air akan mengurangi nyeri dan mencegah luka menyebar lebih luas. Hindari menggunakan air es karena bisa merusak jaringan kulit.

Jika kulit yang terkena knalpot melepuh maka usahakan jangan sampai kulit yang melepuh itu pecah. Lepuhan kulit merupakan proses pertahanan tubuh dan proses penyembuhan luka. Jika terlanjur pecah maka jangan membersihkannya dengan kapas. Sebaiknya Anda langsung memberikan obat untuk mencegah infeksi dan menutup luka bakar tersebut dengan kasa steril.

Mungkin Anda sering mendengan jika mendapat luka bakar maka segeralah mengoleskan luka tersebut dengan pasta gigi. Sesungguhnya, anggapan tersebut tidaklah tepat. Mengoleskan luka bakar dengan pasta gigi, mentega, minyak, kecap, dll malah akan meningkatkan resiko infeksi pada kulit. Jadi, hindari cara yang tidak tepat tersebut.


Hal hal yang harus di hindari saat terkena knalpot :

Menggunakan air es / air dingin dari lemari es untuk menyiram area yang terkena knalpot, karena malah bisa merusak jaringan.

Mengoleskan pasta gigi, mentega, mentega, minyak, kecap, dan yang lainnya. Karena bahan bahan tersebut akan meningkatkan resiko infeksi

Memecahkan gelembung kulit yang timbul. Luka yang menggelembung merupakan proses pertahanan tubuh dan proses penyembuhan luka jadi tidak perlu di khawatirkan.
Membalut luka dengan kapas (bila kulit yang melepuh pecah).

Jika luka bakar tersebut termasuk dalam kategori luka yang sangat parah maka sebaiknya Anda segera menutupnya dengan kasa steril dan segera ke dokter atau rumah sakit terdekat.


Obat Luka Bakar akibat knalpot dari bahan herbal alami :

Teh basi
Jika Anda suka minum teh, jangan langsung buang ampasnya. Teh mengandung antioksidan tinggi yang dapat mengobati luka bakar akibat knalpot panas. Aplikasikan ampas teh yang telah diseduh pada luka Anda sebayak 2-3 kali sehari selama seminggu. Ampas teh juga dipercaya dapat mencerahkan kulit bekas luka.

Air Hangat
Setelah kulit tersundut knalpot panas, segera rendam bagian kulit yang luka ke dalam air hangat suam kuku selama 15 menit. Hal ini akan mencegah kulit berubah coklat karena suhu tinggi pada bagian luka akan dinetralkan.

Tomat
Tomat mengandung vitamin C dan lycopene sehingga membantu proses penyembuhan luka pada kulit serta mencerahkannya. Untuk mengaplikasikannya pada luka bakar akibat knalpot panas, cukup oleskan cairan di dalam tomat ke luka Anda. Lakukan cara ini sehari 2-3 kali selama kurang lebih 1 minggu.

Minyak Zaitun
Minyak zaitun mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang hadirnya sel kulit baru. Jika persediaan tomat di rumah Anda habis, oleskan minyak zaitun pada luka yang terkena knalpot.

Bawang Putih
Bawang putih dapat menyembuhkan luka bakar akibat knalpot panas. Caranya, potong satu siung bawang putih lalu usapkan cairannya pada luka. Mungkin, efeknya terasa agak panas di kulit.


Tag Search :
obat luka bakar knalpot,obat luka bakar knalpot,obat luka bakar knalpot alami,obat luka bakar knalpot pada anak,obat penghilang luka bakar knalpot,obat herbal luka bakar knalpot,obat untuk luka bakar knalpot motor,obat cara menghilangkan bekas luka bakar akibat knalpot,cara menghilangkan bekas luka bakar karena knalpot,cara menghilangkan bekas luka bakar knalpot,cara menghilangkan bekas luka bakar knalpot yang sudah lama,tips menghilangkan bekas luka bakar knalpot