-->

Cara Ampuh Mengobati Orang Mabuk Miras Secara Alami

July 02, 2020
BlogTersehat - Cara Ampuh Mengobati Orang Mabuk Miras Secara Alami, Setelah minum minuman beralkohol biasa juga disebut miras (minuman keras )orang akan merasakan mabuk dan tidak sadarkan diri hingga menggagung ketenangan orang disekitarnya bahkan kadang juga orang yang sedang mabuk berbuat anarkis. Sebagian orang bahkan merasakan sakit pasca mabuk.Berikut cara mengobati orang yang sedang mabuk berat dengan bahan herbal alami yang mampu mengobati orang mabok.

Buah Salam
Buah salam  yang sudah masak berwarna merah dapat mengobati mabuk akibat alkohol. Satu genggam buah salam masak ditumbuk sampai halus, peras dan saring. Airnya dapat diminum sekaligus.

Kopi atau Kafein
Alkohol  menyebabkan pembuluh darah membengkak, yang akan menuntun pada serious head throbbing. Kafein bisa mengatasi keluhan ini, tapi karena sifatnya juga diuretik, batasi konsumsi kafein hanya secangkir saja.

Air
Salah satu cara terbaik mengurangi rasa sakit adalah minum banyak air. Banyak ahli gizi menyarankan bahwa seseorang harus minum segelas air putih untuk setiap satu gelas alkohol yang dikonsumsi. Hal ini untuk membantu mencairkan alkohol dan mengurangi tingkat racun di dalam tubuh Anda. Air putih juga penting untuk rehidrasi tubuh, sebab salah satu efek minuman beralkohol adalah dehidrasi yang menyebabkan kepala Anda sakit dan terus bedenyut.

Milk thistle
Ini adalah jenis tanaman yang dikenal karena kemampuannya mengurangi racun dalam tubuh. Kekuatannya sebagai antioksidan berasal dari bahan silymarin yang ditemukan dalam milk thistle. Tanaman ini sudah dibuat dalam banyak bentuk suplemen dan dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit selain mabuk, seperti mulas atau masalah kantung empedu.

Minuman berenergi
Jika Anda mabuk, maka sangat penting untuk mengganti elektrolit yang hilang dengan cara minum minuman berenergi yang mengandung elektrolit. Ini diperlukan bagi sel, sehingga sel dengan mudah memproses rehidrasi dalam tubuh Anda.

Buah dan sayuran segar

Buah dan sayuran segar bisa membantu meredakan mabuk Anda. Berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin C dan kalium dapat meningkatkan fungsi tubuh dan tingkat energi Anda. Buah dan sayuran juga bekerja dengan baik memperbaiki kerusakan yang disebabkan alkohol sebab mereka realtif mudah dicerna.

Baca Juga: Beberapa obat ampuh menyembuhkan bintitan pada kelopak mata dari bahan herbal alami

NSAIDS
Non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAID) adalah sejenis aspirin yang sering digunakan untuk meredakan sakit kepala karena mabuk. Namun, NSAID ini harus digunakan dengan hati-hati dan jangan meminumnya berlebihan. Sebaiknya Anda mengonsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsinya untuk menyembuhkan mabuk.


Mandi dengan shower

Mandi dengan shower mungkin tidak begitu membantu untuk menghilangkan rasa sakit Anda karena mabuk. Namun, untuk satu hal, ini bisa mencuci bau alkohol yang melekat pada tubuh Anda. Mandi juga bisa membantu mengendurkan otot yang tegang, membuka pori-pori tubuh Anda dan membantu sirkulasi darah secara keseluruhan. Belum lagi, Anda akan merasa segar kembali.

Susu
Minum segelas susu sebelum minum alkohol akan memperlambat penyerapan alkohol oleh tubuh yang berarti senyawa asetaldehida yang masuk bisa diminimalkan.

Zink dan Vitamin B

Enzim di dalam hati bisa mengubah alkohol menjadi asetaldehida, yaitu zat yang menyebabkan wajah memerah, sakit kepala dan mual yang merupakan efek dari mabuk. Untuk mendetoksifikasi alkohol ini, enzim hati memerlukan mineral zink (seng) dan vitamin B terutama B1. Karenanya orang yang sering mengonsumsi alkohol akan rentan terkena kerusakan hati.

Minum air putih
Dehidrasi merupakan salah satu efek samping utama dari mabuk. Karenanya jika seseorang habis minum, maka setelah sampai di rumah segeralah minum 500 ml air kelapa atau air putih. Cairan ini akan membantu menghidrasi tubuh serta meningkatkan jumlah elektrolit dan kadar glukosa dalam darah. Minum banyak air sebelum maupun sesudah mengonsumsi minuman keras membantu tubuh menyediakan cadangan air bagi tubuh. Sebab minuman keras akan memicu tubuh untuk sering buang air kecil. Selain itu, air membantu membuang racun jahat yang membuat Anda tidak nyaman.

Usahakan perut sudah terisi sebelum minum alkohol

Mengonsumsi makanan bergizi sebelum pergi ke pesta atau mengonsumsi alkohol akan sangat berguna, karena makanan di perut akan memperlambat penyerapan alkohol oleh tubuh.

Minum campuran wortel, bit, jahe dan lemon

Buah bit, wortel, jahe dan lemon adalah bahan-bahan yang baik untuk hati, sebagai terapi dan juga untuk mengurangi efek mabuk. Cobalah mencampurkan 3 wortel, bit, setengah cm jahe dan setengah cangkir lemon. Minumlah satu gelas sehari campuran tersebut.

Olahraga

Olahraga berat seperti cardio bisa membantu memompa darah yang membuat tubuh lebih cepat mensirkulasikan darah melalui ginjal dan hati. Hal ini akan membuat tubuh semakin cepat mengeluarkan alkohol dari dalam sistem

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman ini ampuh mengatasi bau mulut

Ginseng
Ginseng merupakan obat mabuk alkohol karena mampu mengembalikan keseimbangan tubuh. Cara: minum teh ginseng yang banyak dijual di  toko / apotik.

Jahe

Jahe dikenal sebagai obat mual dan muntah. Jahe juga dipercaya bisa mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan merangsang pengeluaran  racun secara cepat. Tidak salah bila tanaman ini sering jadi pilihan untuk mengatasi mabuk karena alkohol.

Teh Hijau

Teh hijau merupakan antioksidan yang baik dengan khasiat antibakteri dan anti peradangan. Mampu meningkatkan kekebalan, sehingga  membantu tubuh tetap fit, dan bisa memproses zat-zat yang berbahaya bagi tubuh.

Jus Jeruk atau Tomat

Jus buah segar dapat mengatasi kondisi mabuk. Seperti air, jus buah ini membantu membuang racun serta memasok kadar air dalam tubuh. Minumlah jus buah karena kandungan gula pada buah-buahan (fruktosa) secara cepat terserap ke aliran darah sehingga akan mendongkrak energi dalam jumlah besar. Sejumlah studi menunjukkan fruktosa juga ambil bagian dalam mempercepat aliminasi racun-racun dari dalam tubuh, termasuk yang terdapat pada alkohol. Jus tomat dan jeruk diyakini paling baik, karena juga kaya nutrien seperti vitamin C.

Mentimun

Efek mabuk alkohol sangat terlihat pada mata. Cobalah pengobatan klasik dengan mentimun. Caranya: tidur telentang, lalu letakkan irisan mentimun pada mata. Mata yang merah dan berkantong akan pulih kembali karena sifat mentimun mendinginkan dan menyegarkan.

Teh Pepermint

Teh pepermint merupakan obat alami untuk mengatasi mabuk alkohol. Pepermint jadi pilihan karena kemampuannya menyembuhkan sistem pencernaan.

Black Currant & Cranberry

Kedua buah ini sangat kaya akan vitamin C dan zat nutrisi lainnya. Kandungan itulah yang terbaik untuk tubuh yang sedang stress. Blackcurrant memiliki kemampuan membersihkan dan memurnikan darah, sedang cranberry berfungsi sebagai antibakteri dan penguat organ ginjal.

Bubur Gandum

Obat adalah makanan dengan nilai A. Selain kaya gizi,oat sangat mdah dicerna karena merupakan makanan alkali.Oat dapat meredakan gangguan perut.

Minyak Adas dan Jupiter

Minyak adas (fennel) dan jupiter merupakan alat detoksifikasi yang manjur dan sangat baik untuk mengatasi mabuk alkohol. Gunakan minyak - minyak ini dalam pijit terapi aroma yang bisa Anda lakukan sendiri.

Jus Sayuran

Detoksifikasi merupakan salah satu cara membersihkan sisa-sisa racun akibat pengaruh alkohol. Untuk detoksifikasi sederhana, konsumsi jus sayur hijau segar, misalnya jus bayam dan seledri. Seledri dan bayam kaya akan vitamin B dan Mineral.

Minyak Lavender

Lavender salah satu obat alami penyembuh segala penyakit. Untuk meredakan mabuk alkohol, tambahkan 6-8 tetes minyak lavender ke dalam bak berisi air hangat. Gunakan untuk mandi.

Yoghurt Murni

Alasan utama perut terasa seperti diguncang-guncang atau ingin muntah adalah karena keseimbangan PH-nya terganggu. Yoghurt murni akan membantu menyeimbangkannya.

Tidur

Salah satu cara untuk mengurangi mabuk Anda adalah tidur, meskipun alkohol susah untuk membuat seseorang bisa istirahat tenang dimalam hari. Memaksa diri Anda untuk tidur adalah tugas yang sulit, namun itu bisa mengurangi rasa sakit Anda akibat mengonsumsi alkohol.

Buah Buahan

Campuran buah mungkin peyembuh terbaik mabuk juga. Buah-buahan seperti pisang, persik, anggur dan stroberi membuat smoothies baik untuk obat mabuk. Ini juga bagus untuk menambahkan suplemen vitamin sementara menghasilkan smoothie. Bukan hanya pisang, jus susu, jeruk dan rasa madu yang baik, mereka juga membuat smoothie terlalu besar. Mangga, kiwi dan blueberry membuat campuran manis dan tajam bagus. Getar dan smoothie sangat disarankan terutama bagi mereka yang merasa ingin muntah.